Kamis 31 Dec 2015 16:30 WIB

2016, Wujudkan Resolusi Menikah

Rep: Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Menikah muda.ilustrasi
Foto: antarafoto
Menikah muda.ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikah menjadi salah satu tema yang diangkat dalam Zikir Nasional yang diadakan Republika tahun ini. Dalam sesi stand up motivation, pengurus dewan pengurus pusat One Day One Juz (DPP ODOJ) sekaligus komik Indrawan Susanto mendorong generasi muda Muslim untuk mewujudkan resolusi menikah di tahun 2016. 

"Biasanya tahun baru banyak yang punya resolusi menikah. Tapi itu hanya sebatas kata-kata," ujar pria yang akrab disapa Anto ini kepada Republika.co.id di Masjid at-Tin, Kompleks TMII, Jakarta, Kamis (31/12). 

Menurut Anto, menikah akan menimbulkan ketenangan dan kebahagiaan bagi yang menjalaninya. Untuk itu, ia mendorong para pemuda untuk tak hanya membuat resolusi, namun juga mewujudkan harapan tersebut. 

"Yang laki-laki ayo gerak, ayo temukan calonnya. Yang perempuan jangan menolak ketika ada laki-laki yang serius ingin mengajak menikah," ujar dia. 

 

PNS yang kini telah dikaruniai dua orang anak ini mengatakan  visi menjadi poin penting bagi pasangan yang ingin menikah di tahun 2016. Tak hanya visi dunia, perlu ada visi akhirat untuk menyuburkan motivasi menikah. 

Adapun pasangan merupakan salah satu pilihan dalam hidup. Manusia sebagai makhluk yang senantiasa diberikan pilihan oleh Allah SWT, kata Anto, hendaknya melandaskan pilihannya dalam menikah hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. 

Tema menikah juga diangkat sebagai pengingat bagi kaum Muslim muda di untuk menyambut tahun baru. Tahun baru Masehi seringkali dijadikan momen untuk merayakan bersama lawan jenis yang bukan muhrim. Tema ini diharapkan dapat mengingatkan para pemuda untuk menjaga diri dari godaan nafsu dan mengisi tahun baru dengan kegiatan-kegiatan positif.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement