Ahad 27 Dec 2015 13:13 WIB

IAIN Ternate Gagas Islam Kepulauan

Pemandangan Kota Ternate dari atas kaki Gunung Gamalama
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Pemandangan Kota Ternate dari atas kaki Gunung Gamalama

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Maluku Utara menggagas konsep Islam Kepulauan melalui hasil rekomendasi seminar nasional yang dipusatkan di Kota Ternate.

Ketua Panitia Seminar Nasional, Dr Jubair Sitomorang di Ternate, Sabtu, mengatakan rangkaian dari beberapa kegitan dalam kaitan perkuat lembaga keagamaan sebagai Perguruan Tinggi Islam berbasis riset dalam rangka masyarakat kepulauan.

Dia mengatakan, seminar pengembangan perkembagan Islam berbasis kepulauan ini, akhir dari kegiatan ini seluruh aktivitas tri darma IAIN yang meliputi, pengabdian, pendidikan dan penelitian. Selain itu, mahasiswa atau alumni IAIN itu mengajar harus melalui kurikurum yang diterapkan berbasis Islam Kepulauan dan saat dosen melakukan penelitian penelitian yang dilakukan itu juga harus berbasis islam kepulauan.

Menurutnya, jika konsep yang ditawarkan ini diterima maka mahasiswa, dosen, pegawai harus betul-betul mengetahui karakteristik islam kepulauan, sehingga akhir dari pengabdiannya itu atau metode yang digunakan itu bisa mendapakan output yang baik.

Dia menambahkan, jika dibandingkan Islam di Ternate memiliki karakteristik yang berbeda dengan Islam yang ada di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera. "Kita mau siapkan semacam payung dimana ilmu-ilmu ke-Islaman yang ada di Malut bisa dipayungi oleh IAIN," katanya.

Sementara itu, untuk peserta yang hadir dalam seminar tersebut selain dari kampus IAIN, ada juga unsur stekholder, aktivis dan juga perwakilan kampus lain dan dari media juga dari pandangan terbut bisa sama-sama meerikan kontribusi pemikiran.

Dia menambahkan, konsep Islam Kepuluan ini terinspirasi dari konsep masyarakat kepulauan dan masyarakat pesisir itu sudah menjadi terminology dan itu ditemukan dimana-mana. "Tetapi, baginya gagasan awal yang dikeluarkan misalnya Prof DR Azyumardi Azra telah mencoba berbicara jaringan ulama dan sudah bicara Islam pulau dan Islam nusantara," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement