Ahad 22 Nov 2015 21:05 WIB

Kongres XV GP Ansor, Momentum Mengembalikan Spirit Pemuda NU

Seragam Gerakan Pemuda Ansor.
Foto: NU
Seragam Gerakan Pemuda Ansor.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kongres XV GP Ansor pada 25-28 November 2015 mendatang menjadi titik penting untuk mengembalikan spirit Ansor sebagai barisan pemuda Nahdliyin.

“GP Ansor merupakan tonggak kaderisasi NU yang bersambung dengan lembaga dan banom di organisasi para kiai. Sudah jelas, kaderisasi di organisasi Ansor untuk menerjemahkan ide-ide pendirian NU serta mengawal kepentingan pesantren sebagai basis kader NU,” terang  Dewan Penasihat Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor DI Yogyakarta Habib Hilal, dalam rilisnya kepada Republika.co.id, Ahad (22/11).

Demi capaian tadi, kongres yang akan berlangsung di Pondok Pesantren Pandanaran Yogyakarta ini memunculkan beberapa kandidat, di antaranya KH Abdussalam Shohib (Pengasuh Ponpes Manbaul Ma’arif, Denanyar Jombang), Yaqut Cholil Qoumas (FKB DPR RI), Munadi Herlambang (PP GP Ansor), Hery Azumi (mantan Ketua PB PMII), dan kandidat lainnya.

Rangkaian agenda prakongres sudah berlangsung di beberapa lokasi dengan mengusung ide-ide untuk pembenahan GP Anshor. Salah satunya adalah usulan formatur. Namun, banyak cabang dan wilayah yang menolak karena dinilai tidak sesuai dengan semangat organisasi kader.

Hilal menilai, pembentukan formatur bukan sesuatu yang salah, tetapi tidak cocok untuk organisasi kader semacam Ansor.

“Saya berharap, agar pembentukan formatur sebagai tim musyawarah ditunda dulu, untuk menghormati hak suara para kader,” tegas Hilal.

Ia berharap, kader-kader unggulan dari pesantren dapat muncul sebagai pemimpin Ansor.

“Ibaratnya, NU kan didirikan dari rahim pesantren, oleh para kiai yang  alim sekaligus muharrik. Jadi, kita perlu memberi ruang bagi para kader pesantren, yang memiliki kapasitas keilmuan sekaligus sebagai penggerak. Kalau hanya penggerak, itu kurang tepat untuk kondisi sekarang,” ungkap Hilal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement