Selasa 17 Nov 2015 14:41 WIB

PM Kanada Janji Lindungi Muslim dan Masjid

Rep: amri amrullah/ Red: Damanhuri Zuhri
Muslim Kanada
Muslim Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjanji akan melindungi hak muslim dan aktivitas ibadah masjid di Kanada dari serangan kebencian setelah peristiwa Teror Paris.

Penyataan Trudeau tersebut terkait pembakaran masjid yang terjadi di Ontario oleh kelompok anti Islam setelah Teror Paris yang disalahartikan mewakili Islam.

"Saya sangat terganggu oleh peristiwa ini. Kanada adalah negara yang kuat, tidak akan pecah karena perbedaan. Dan Muslim Kanada berkontribusi besar pada struktur sosial dan ekonomi bangsa kita," kata Trudeau dilansir dari The Guardian, Selasa (17/11).

Trudeau berjanji akan menjaga hak-hak muslim dan masjid di Kanada dan berjanji akan menangkap pelaku pembakaran masjid tersebut. Pemerintah Kanada berusaha memahami bahwa radikalisme Islam juga mengorbankan muslim di seluruh dunia.

"Kita harus tetap fokus pada kelompok radikal yang bertanggung jawab atas kekejaman yang dilakukan di Perancis," katanya. Pihak berwenang Kanada juga tidak akan mentoleransi warga yang bersalah dan melakukan aksi vandalisme intoleransi.

Imam Masjid Shazim Khan mengungkapkan kekecewaan atas insiden ini, dan berharap tragedi ini hanya insiden yng tidak menyebar di wilayah lain di Kanada.

Serangan Teror Paris pekan lalu telah memunculkan kebencian kelompok anti Islam yang berusaha mengaitkan tragedi Paris sebagai tanggung jawab Islam.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement