Senin 16 Nov 2015 21:34 WIB

250 Bilal Mayit Tanjungbalai Jalani Pelatihan

Shalat jenazah
Foto: antaranews
Shalat jenazah

REPUBLIKA.CO.ID,TANJUNG BALAI -- Kewajiban umat Islam memiliki kemampuan mengurusi jenazah atau bilal mayit. Karena itu, kewajiban itu pengetahuan dan pemahaman secara utuh.  

Pengetahuan dan pemahaman itulah yang menjadi fokus Pemerintah Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Selama dua hari, 250 bilal mayit melaksanakan pelatihan.

Wakil Wali Kota Tanjungbalai Rolel Harahap mengatakan, pekerjaan sebagai bilal mayit merupakan tugas mulai yang tidak mampu dilakukan sembarang orang sehingga dituntut untuk menguasai pengetahuan dan ilmu agama tentang pelaksanaan fardhu kifayah.

"Untuk itu, seluruh peserta diharapkan benar-benar mengikuti pembinaan ini, sebab melaksanakan fardu kifayah terhadap jenazah menjadi kewajiban bagi setiap ummat Islam yang dapat diwakili oleh seorang bilal mayit," katanya.

Kepala bagian sosial Setdakot Tanjungbalai M Yunan menjelaskan, pembinaan bilal mayit itu merupakan program rutin yang digelar setiap tahun. Tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman rangkaian pelaksanaan fardu kifayah yang menjadi bagian tugas seorang bilal mayit.

Pembinaan dilaksanakan selama dua hari tersebut menghadirkan instruktur atau nara sumber berpengalaman dari Kota Medan. "Diharapkan peserta kedepannya bisa lebih terampil dan benar dalam melaksanakan fardu kifayah," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement