Jumat 06 Nov 2015 19:54 WIB

Baz Pesisir Selatan Bedah Rumah Warga Miskin Sejak 2011

Bedah rumah warga miskin
Foto: Republika/Aditya Pradana
Bedah rumah warga miskin

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN -- Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan bedah rumah sebanyak 572 unit sejak tahun 2011 hingga 2015 untuk warga miskin di daerah itu.

Kepala Seksi Pendistribusian BAZ Pesisir Selatan Khamaruddin mengatakan, untuk program itu (bedah rumah) BAZ memberikan bantuan sebanyak Rp15 juta per rumah.

Program bedah rumah tersebut tersebar di 15 kecamatan yang ada. Untuk masing-masing rumah sasaran BAZ menyalurkan bantuan selama tiga tahap, ini berguna untuk memudahkan pengawasan terhadap jalannya pembangunan dari bantuan yang diberikan.

Setiap tahunnya BAZ terus berupaya meningkatkan jumlah rumah yang dibedah dari program tersebut. Khusus pada 2015 BAZ menargetkan bedah rumah idak layak huni bagi keluarga miskin di daerah itu sebanyak 200 unit. Target itu lebih banyak dari bedah rumah pada tahun 2014 yang tercatat hanya sebanyak 150 unit dengan target sebanyak 200 unit.

Dalam mencapai target, BAZ terus berupaya meningkatkan jumlah penerimaan zakat sehingga jumlah rumah yang dibedah pada 2015 juga ikut meningkat. Sementara penerimaan dana zakat dari berbagai muzakki pada tahun 2015 ditargetkan sebanyak Rp3 miliar.

Menurutnya, bedah rumah sudah merupakan perioritas utama bagi BAZ kabupaten setempat dalam merealisasikan penyaluran bantuan yang berasal dari zakat berbagai "muzakki" di kabupaten itu pada setiap tahunnya. Menurutnya, hingga kini warga miskin yang menempati rumah tidak layak huni di daerah itu masih terbilang cukup banyak. Meskidemikian bantuan akan diprioritas bagi warga sangat miskin.

Selain bedah rumah, BAZ Pesisir Selatan juga menyalurkan dana zakat tersebut untuk bea siswa bagi warga miskin yang berprestasi, dana pengobatan bagi fakir miskin dan bantuan modal usaha kepada kepala keluarga miskin.

Tidak saja itu BAZ juga menyalurkan zakat untuk bantuan kebakaran dan rehab rumah bagi warga yang tertimpa musibah. Meski demikian, bantuan prioritas bagi keluarga miskin.

Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan Erzion mengatakan, pemkab setempat sangat mendukung program BAZ Pesisir Selatan yang memprioritaskan bedah rumah tidak layak huni bagi keluarga miskin dari pendapatan zakat setiap tahunnya.

"Program BAZ ini sangat mendukung program pemkab setempat dalam menurunkan angka kemiskinan khususnya membantu pembangunan rumah layak huni, " katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement