Kamis 29 Oct 2015 11:33 WIB

Umat Muslim Bantu Korban Gempa Pakistan dan Afghanistan

Rep: c 16/ Red: Indah Wulandari
Dokter Pakistan merawat korban gempa di Peshawar, pakistan, Senin, 26 Oktober 2015.
Foto: AP Photo/Mohammad Sajjad
Dokter Pakistan merawat korban gempa di Peshawar, pakistan, Senin, 26 Oktober 2015.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Bantuan dari umat Muslim terus mengalir kepada para korban bencana gempa di Pakistann  Afghanistan.

Berbagai badan amal Muslim bergegas menawarkan bantuan kemanusiaan kepada ribuan orang yang terdampak bencana gempa berkekuatan 7,8 skala Richter tersebut.

"Tim kami di Afghanistan dan Pakistan telah dikerahkan. Mereka telah dilatih untuk menanggapi situasi ini. Kami memiliki stok barang-barang penting seperti tendayang siap untuk segera digunakan," kata manajer kemanusiaan daerah Islamic Relief untuk Asia Umair Hasan, seperti dikutip Onislam.net, Kamis (29/10).

Hasan memaparkan bagaimana Tim Manajemen Bencana Islamic Relief dalam menilai kebutuhan masyarakat setempat dengan menjangkau daerah-daerah terpencil di kedua negara.

Menurut Hasan, tantangan utama pengiriman bantuan terkait masalah aksesibilitas.  Islamic Relief bertujuan untuk menjangkau daerah-daerah yang sangat terpencil.

Tantangan lain yang dihadapi Islamic Relief adalah lambatnya aliran informasi tentang penyebab serta tingkat kerusakan yang terjadi di Afghanistan.

Sementara, kebutuhan yang paling mendesak adalah makanan, barang-barang non-makanan dan tempat tinggal.

"Kami mendistribusikan barang-barang non-makanan dalam beberapa hari kedepan, "kata Direktur Negara Islamic Relief untuk Afghanistan Raja Rizwan Ashfaq, Raja Rizwan Ashfaq.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement