Rabu 14 Oct 2015 12:25 WIB

Tahun Baru Islam, Pemkab Banyumas Adakan Shalat Istisqa

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Indah Wulandari
Kaum muslim melaksanakan salat Istisqa atau salat guna meminta hujan turun di Desa Tukang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/7).
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Kaum muslim melaksanakan salat Istisqa atau salat guna meminta hujan turun di Desa Tukang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriyah, Pemkab Banyumas dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas menggelar berbagai kegiatan. Antara lain, pawai taaruf yang dilaksanakan para santri dan pelajar, semaan Alquran, dan juga shalat istisqa berjamaah di pendopo Kabupaten Banyumas.

''Shalat istisqa ini, kami gelar dalam rangkaian peringatan Tahun Baru Hijriyah, karena sudah cukup lama musim kemarau melanda wilayah Banyumas. Bahkan wilayah yang mengalami kesulitan air bersih, saat ini sudah semakin meluas. Melalui shalat istisqa, kami berdoa agar musim penghujan segera tiba,'' jelas Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol, Wakhyono, Rabu (14/10).

Berbagai kegiatan merayakan 1 Muharam tersebut, dimulai sejak seusai waktu shalat Dzuhur di masjid Baitussalam depan kantor Setda Banyumas. Ratusan jemaah yang shalat Dzuhur berjamaah, kemudian bersama-sama melaksanakan shalat istisqo.

Usai sholat istisqa, kemudian dilanjutkan dengan acara Semaan Alquran di pendopo Setda Banyumas. Acara ini berlangsung hingga menjelang pelaksanaan shalat Maghrib. Setelah itu, seusai waktu Isya dilaksanakan pawai taaruf menyusui ruas-ruas jalan protokol di Kota Purwokerto.

''Seluruh kegiatan, awalnya direncakakan akan diikuti Bupati Achmad Husein. Namun, karena beliau baru tertimpa musibah ibundanya meninggal, maka seluruh rangkaian acara diwakilkan pada Wakil Bupati Budhi Setiawan,'' jelas Wakhyono.

Acara pawai taaruf diikuti para santriwan dan santriwati pondok pesantren dan Taman Pendidikan Alquran. Acara ini dilepas oleh Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan di Alun-alun Kota Purwokerto dengan didampingi seluruh pejabat Pemkab Banyumas.

Untuk memeriahkan pawai taaruf, juga ikut serta dalam pawai kelompok drumb band dari SMA Muhamadyah Purwokerto, MTs Sokaraja, serta mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan IAIN Purwokerto.

''Acara memperingati tahun baru Islam seperti ini, sudah tiga kali kami gelar bekerja sama dengan PHBI Banyumas,'' jelas Wakhyono.

Panitia penyelenggara, Syarif Hidayat, menyebutkan, selain pawai taaruf juga digelar acara pengajian di pendopo Setda Purbalingga dan Festival Rebana yang diikuti perwakilan masing-masing kecamatan.

''Pengajian akan digelar Jumat (16/10) dengan menghadirkan penceramah  Prof Dr Yudian Wahyudi dari Universitas Islam Madinah (UIM) Yogyakarta dan acara Festival Rebana,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement