Selasa 29 Sep 2015 08:48 WIB

Bantuan untuk Ruki Tolikara Belum Cair

Rep: agung sasongko/ Red: Damanhuri Zuhri
  Imam Masjid Al Mutaqin Tolikara Ali Mukhtar (kanan) menyampaikan pemaparannya saat berdiskusi dengan tema
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Imam Masjid Al Mutaqin Tolikara Ali Mukhtar (kanan) menyampaikan pemaparannya saat berdiskusi dengan tema "Intoleransi di Tolikara" yang diadakan di Jakarta, Jumat (11/9). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Hampir Sepekan pelaksanaan shalat Idul Adha 1436 Hijriah ‎berlangsung aman dan khusyuk. Situasi itu diharapkan berlanjut hingga seterusnya.

"Alhamdulillah, situasi aman di sini," kata Ustaz Ali Muchtar, Imam Masjid Khairul Ummah, Karubaga, Tolikara saat berbincang dengan Republika.co.id, Selasa (30/9).

Menurutnya, masyarakat Tolikara begitu berbahagia dengan pembagian hewan kurban dan bantuan lainnya yang diberikan. Mereka bersukacita menikmati kebersamaan yang sempat terganggu pada insiden 17 Juli lalu.

"Baik Muslim dan Kalangan non-Muslim berterimakasih kepada umat Islam Indonesia. Mereka begitu senang atas bantuan yang diberikan," ungkap Ustaz Ali Muchtar.

Namun, lanjutnya, bantuan untuk modal awal rumah dan kios belum cair. Sejauh ini belum ada kabar dari Pemerintah Kabupaten Tolikara soal pencairan dana bantuan modal awal tersebut. "Saya akan berbicara dengan bupati soal itu," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, rekonstruksi rumah kios (ruki) yang sempat terbakar telah dilakukan. Ada 77 dari 80 ruki yang direncanakan telah dibangun. Pada saat peresmian Masjid Khairul Ummah dan Ruki, ada bantuan modal awal yang akan diserahkan kepada masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement