Ahad 20 Sep 2015 23:26 WIB

Masjid Sultan Qaboos Resmi Dibuka

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Sultan Qaboos
Foto: Wikipedia
Masjid Agung Sultan Qaboos

REPUBLIKA.CO.ID MUSCAT -- Masjid Sultan Qaboos di Nizwa, Oman telah dibuka Jumat (18/9) kemarin.

Dilansir dari Muscat Daily, Ahad (20/9), masjid ini adalah yang terbesar nomor dua di Oman, hanya dapat dikalahkan ukurannya oleh Masjid Agung di Muscat. Masjid Sultan Qaboos diresmikan oleh HE Sayyid Khalid bin Hilal al Busaidi, Dewan Menteri Royal Court.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 80,000 meter persegi. Ruang utama berukuran 3.546 meter persegi dan dapat menampung 4.500 jamaah.

Pada tahun 1992 Sultan Qaboos memerintahkan pembangunan sebuah masjid agung resmi kesultanan Oman. Rancang bangun untuk masjid agung ditetapkan pada tahun 1993 dan kemudian terpilihlah lokasi di Bausher bagi pembangunan masjid tersebut.

Proses pembangunan dimulai pada tahun 1995. Pekerjaan pembangunannya dilaksanakan oleh Carillion Alawi LLC selama enam tahun empat bulan. Dan diresmikan oleh Sultan Qaboos pada tanggal 4 Mei 2001.

Keseluruhan proses pembangunan masjid ini menghabiskan 300 ribu ton batu pasir merah dari India. Ruang shalat utamanya berbentuk bujur sangkar berukuran 74.4 m x 74.4 m, kubah besarnya setinggi 50 meter dari permukaan lantai.

Selain kubah besar di bangunan utama, masjid ini juga dlengkapi dengan sebuah menara utama setinggi 90 meter serta diapit oleh empat menara yang lebih kecil masing masing setinggi 45.5 meter menjadi fitur utama bangunan masjid ini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement