Rabu 16 Sep 2015 23:40 WIB

MTQ Tingkat Kabupaten Dibuka

mtq
Foto: Republika/Agung Supriyanto
mtq

REPUBLIKA.CO.ID, RENGAT -- Pejabat Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau Kasiarudin membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten tahun 2015 di Lapangan Sepakbola Kelurahan Pematang Reba yang diikuti sebanyak 337 peserta dari 14 kecamatan.

"Ini adalah program keagamaan, upaya untuk mendalami arti, makna dan kandungan Alquran sekaligus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT," kata penjabat Bupati Indragiri Hulu Kasiarudin di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, setiap tahun acara digelar dengan rutin yang diharapkan mampu meningkatkan kecintaan terhadap Alquran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari - hari untuk menjadi insan yang berakhlak mulia.

Hasil dari pelaksanaan MTQ Inhu ini akan menjadi rujukan dalam mengahadapi pada tingkat Provinsi Riau Ke-34 di Kabupaten Siak sekaligus mejadi bahan evaluasi dan masukan bagi pembangunan di bidang keagamaan di daerah.

" Saya mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk terus meningkatkan pemahaman tentang arti Alquran dengan benar serta berkomitmen melaksanakan program magrib mengaji," sebutnya.

Khasiarudin juga mengajak para alim ulama serta tokoh agama untuk lebih memberikan pemahaman keagamaan dengan tata cara yang lebih teduh dan toleran sehingga semua pihak bisa saling memahami dan mengerti.

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan penyerahan piala bergilir oleh Camat Pasir Penyu Kepada Camat Rengat Barat dosertai pemukulan bedug oleh Pejabat Bupati Kasiaruddin.

MTQ diawali dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh tiga orang Qori terbaik yang juga merupakan sebagai Dewan Hakim yaitu Eti Ranis, Nurhasanah dan Erni Yusnita, selain itu pembukaan MTQ juga dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Tunas Bangsa Dari SMAN 1 Rengat Barat.

Camat Rengat Barat Nurdjanah dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas kehadiran penjabat Bupati Inhu serta semua pihak yang telah membantu dalam mensukseskan acara MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu.

" Alhamdulillah, Kerukunan antar umat beragama masih terjaga dan terjalin dengan baik di daerah ini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement