Selasa 15 Sep 2015 10:39 WIB

Ciri Khas Istana Shirvanshah

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Istana Shirvanshah
Foto: Wikipedia
Istana Shirvanshah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerbang ke gerbang Kompleks Istana Shirvanshah dikelilingi benteng dan dibangun di tempat tertinggi, di salah satu kawasan bukit di Baku. Area kompleks pun diperluas dengan struktur bertingkat sehingga terlihat jelas dari tepi barat Laut Kaspia.

Di dalamnya terdiri dari beberapa elemen struktur bangunan yang terbuat dari marmer dan bata putih. Bagian pertama berupa tempat tinggal atau istana shah, rumah para tamu atau divankhane, makam keluarga shah, Masjid Istana Key Gubad, hammam, Musauleum Seyyid Yaxya Bakuvi, dan gerbang timur.

Memasuki gerbang dan area pertama kompleks istana terdapat sebuah halaman terbuka yang menunjukkan akses jalan ke divankhane dan tempat tinggal istana. Divankhane merupakan ruang tempat pertemuan tamu dan kegiatan seremonial istana.

Divankhane memiliki gaya arsitektur segi delapan berada di tengah dengan pilar yang mengelilingi dan atap kubah batu. Sebuah gerbang berdiri di samping divankhane lengkap dengan muqarnas gaya sarang lebah.

Di sekitar divankhane lorong kecil berpilar mengelilingi bangunan utama dan menghubungkan ke tempat tinggal utama istana. Memasuki gerbang selanjutnya terdapat area istana utama, tempat tinggal shah yang berada di tingkat yang paling tinggi dalam area kompleks.

Pada halaman istana utama terdapat kolam air mancur dan portal gerbang tinggi yang lebih besar. Bangunan utama istana memiliki kubah dan gerbang besar. Gerbang ini juga memiliki muqarnas gaya sarang lebah dengan fasad ukiran kaligrafi Arab kufi serta dedaunan ara dan pohon anggur.

Beberapa bagian lain dari bangunan utama istana memang kondisinya tidak lengkap, akibat pengeboman pada era invasi Kekaisaran Rusia. Beberapa area ruang yang menghadap Laut Kaspia telah hancur. Di sisi lain, kompleks istana terdapat makam keluarga raja dan sebuah mausoleum Seyyid Yaxya Bakuvi yang ditandai dengan kubah kerucut.

Seyyid Yahya Bakuvi adalah seorang ulama kerajaan di pengadilan Shirvanshah Khalilullah. Di bagian lain area kompleks terdapat Masjid Istana Key Gubad, dengan struktur bangunan kubah yang lengkap dengan menara.

Sultan Shirvanshah Khalilullah menambahkan menara sebagai ciri khas masjid. Ia menjadikan masjid istana sebagai salah satu ikon penting kompleks istana ini. Masjid istana memiliki tiga pintu masuk dan beberapa ruang shalat yang terpisah antara pria dan wanita.

Bagian terendah dari kompleks istana ini adalah area hammam atau tempat pemandian umum. Bangunan ini terdiri dari dua struktur persegi yang dibagi beberapa ruang tungku terpisah penghasil uap. Ruang tungku uap ini kemudian dihubungkan ke beberapa kamar pemandian utama. Sebuah bentuk khas yang ada di kawasan itu, termasuk juga di Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement