Kamis 13 Aug 2015 13:56 WIB

CrescentRating Luncurkan Halal Travel Glossary Pertama di Dunia

Rep: Fuji Pratiwi/C33/ Red: Agung Sasongko
 Wisatawan asal Timur Tengah berjalan mengelilingi tempat wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Senin (10/8).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Wisatawan asal Timur Tengah berjalan mengelilingi tempat wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Senin (10/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Lembaga pemeringkat dan riset pariwisata halal, CrescentRating, meluncurkan  panduan aneka istilah dalam pariwisata halal, Halal Travel Glossary. Panduan yang berisi 150 istilah dan konsep ini diklaim merupakan yang pertama di dunia.

Panduan ini memiliki beberapa bab yang memudahkan navigasi istilah. CrescentRating membuat panduan ini sebagai buku elektronik yang bisa diunduh gratis agar bisa jadi rujukan sumber di masa depan.

Dengan pertumbuhan yang demikian cepat, CrescentRating menilai industri perlu memahami rupa-rupa istilah. Ini agar mereka bisa mengkapitalisasi sektor yang diprediksi bernilai 200 miliar dolar AS pada 2020 ini.

Perusahaan yang berbasis di Tanah Merah, Singapura ini melihat panduan ini akan berguna bagi berbagai pihak yang berkepentingan dengan industri pariwisata halal seperti badan pariwisata, pemerintah, hotel, restoran, pusat hiburan, bandara, dan perusahaan transportasi.

CEO CrescentRating Fazal Bahardeen mengatakan, pariwisata halal kini jadi fenomena sekaligus kunci fokus pertumbuhan industri baik bagi negara anggota OIC maupun non anggota OIC.

''Dengan meningkatnya jumlah destinasi dan layanan pariwisata untuk menarik wisawatan Muslim, diperlukan pemahaman lebih baik terhadap istilah-istilah yang mencerminkan kebutuhan pasar dan praktik di lapangan,'' tutur Bahardeen seperti dilansir laman resmi CrescentRating, Rabu (12/8).

Panduan ini juga memuat pandangan dan nilai-nilai inti pariwisata halal. Di dalamnya juga terdapat berbagai istilah yang berhubungan dengan keyakinan yang mendeskripsikan kebutuhan fasilitasi dan praktik oleh para pelancong Muslim.

Edisi pertama panduan ini masih dalam bahasa Inggris. CrescentRating berencana membuat versi bahasa asing lainnya ke depan.

Industri Halal Dunia diprediksi akan terus tumbuh hingga mencapai 200 miliar dollar pada 2020 nanti. Glosarium hasil buatan crescent ratings akan sangat berguna bagi penunjang industri travel khususnya kepada sarana hiburan, hotel, restoran, dan transportasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement