Sabtu 18 Jul 2015 16:40 WIB

Jamaah Tarekat Syattariyah di Madiun Baru Lebaran Hari Ini

Jamaah Tarekat Syattariyah.
Foto: Antara
Jamaah Tarekat Syattariyah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Jamaah Tarekat Syattariyah di Dusun Godongan, Desa Purworejo, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, baru merayakan Lebaran dengan menggelar shalat Idul Fitri 1436 Hijriah pada hari Sabtu (18/7).

Waktu perayaan Lebaran tersebut lebih lama satu hari dari penetapan pemerintah yang telah dilakukan pada hari Jumat (17/7). Ratusan jamaah Tarekat Syattariyah tersebut melakukan shalat Idul Fitri di masjid desa setempat. Sejak pagi, jamaah berkumpul di masjid setempat sambil mengumandangankan takbir.

Setelah shalat Idul Fitri, jamaah Tarekat Syattariyah kemudian melakukan selamatan dan bersalam-salaman di masjid tersebut. Salah satu jamaah Tarekat Syattariyah, Basir, mengatakan, mereka meyakini bahwa berpuasa 30 hari berakhir pada Jumat (17/7). Sehingga mereka merayakan Idul Fitri pada hari Sabtu (18/7).

Meski berbeda dengan hari Idul Fitri yang ditetapkan oleh pemerintah, jamaah Tarekat Syattariyah tetap melakukn salat Idul Fitri dengan kusyuk. Warga desa sekitar juga tidak merasa terganggu oleh aktivitas jamaah tersebut. Masyarakat tidak memandang perbedaan tersebut sebagai persoalan dalam menjalankan ibadah puasa maupun Hari Raya.

"Kami tidak masalah dengan berbedaan tersebut. Meski punya keyakinan sendiri-sendiri, yang penting tetap rukun di masyarakat," kata warga desa setempat, Sukiman.

Dia juga mengimbau warga lainnya, hendaknya perbedaan dengan jamaah Tarekat Syattaryah tersebut dapat dimaklumi dan tidak dibesar-besarkan. "Meski berbeda, kami dapat hidup berdampingan dengan umat Muslim lainnya. Saya kira warga Muslim di desa ini sudah cukup bertoleransi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement