Kamis 16 Jul 2015 09:56 WIB

Mengenal Hyderabad, Kota yang tak Pernah Sepi Saat Ramadhan

Rep: C32/ Red: Winda Destiana Putri
Suasana keramaian yang tak pernah lekang di Hyderabad
Foto: Khaleejtimes
Suasana keramaian yang tak pernah lekang di Hyderabad

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD -- Ramadhan sebuah moment dimana banyak hal tak biasa bermunculan. Seperti kebiasaan yang ada di kota kecil di India ini. Kota ini selalu ramai setiap harinya, saat bulan Ramadhan bahkan lokasi tersebut tidak pernah tidur. Banyak beragam aktivitas kuliner dan pusat perbelanjaan di kota tersebut yang justru ramai selepas tarawih di malah hari.

"Anda tidak bisa melihat suasana ini di bagian dunia lain," kata Mohammed Jaffer, seperti yang dilansir Khaleejtimes, Rabu (15/7). Jaffer seorang Indian Amerika yang datang ke Hyderabad dengan keluarganya sengaja untuk menjadi bagian dari meriahnya kota tersebut.

Salah satunya tempat makan yang terkenal dam menyajikan hidangan enak adalah Pita House and Shah Ghouse. Tempat makan ini terkenal dengan olahan haleem nya. Hallem merupakan sajian khas Ramadhan di India dengan perpaduan daging, mentega, dan tepung gandum yang dihidangkan menjadi semacam sup pasta.

"Ketika Ramadhan, kami memastikan bahwa kami menghabiskan waktu disini (Hyderabad)," kata Zaki Ahmed, yang tinggal dengan keluarganya di Abu Dhabi. Ia selalu mengambil kesempatan bersama keluarganya menikmati keramaian di Hyderabad dan merayakan Idul Fitri di sana.

 

Banyak masyarakat di sana menilai haleem sebagai kelezatan selama bulan suci Ramadhan. Ramainya pembeli yang menikmati kuliner favorit itu, sampai-sampai banyak orang yang memakan sajian haleem di dalam mobil yang terparkir di kedua sisi jalan.

Bahkan, keramaian penikmat haleem membuat para pelayan di rumah makan Pita House and Shah Ghouse sampai kewalahan. Para pelayan saling berlomba melayani pelanggan yang memesan sup pasta lezat itu.

Pengunjung kebanyakan datang ke tempat tersebut setelah kembali dari Masjid dan pada akhirnya banyak kerumunan keluarga yang rela antre untuk menikmati haleem panas. Lalu lintas yang padat, toko-toko yang diterangi cahaya lampu, hotel dan restoran yang ramai, membuat kawasan Hyderabad seperti siang hari.

Tak hanya menyantap haleem, kota tersebut juga menjual banyak keperluan untuk merayakan Lebaran. Banyak keluarga yang datang ke sana untuk membeli baju, sepatu, gelang, mehdi, parfum, hingga peralatan rumah tangga.

Dengan nuansa seperi itu, kota Hyderabad praktis menjadi kota yang lengkap bagi sejumlah orang di sana. Malam setelah sholat tarawih sibuk berbelanja, hingga masuk waktu sahur bisa langsung menikmati sajian lezat haleem.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement