Ahad 12 Jul 2015 21:01 WIB

Ponpes Arafah Solusi Masyarakat yang Haus Ilmu

Pesantren Arafah, Cililin Bandung
Foto: Paramio
Pesantren Arafah, Cililin Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Yayasan Pondok Pesantren Arafah yang terletak di Desa Mukapayung Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, menitikberatkan tiga hal, yakni sosial, pendidikan, dan dakwah. Di luar itu, para santri diberikan pendidika dan pelatihan untuk hidup lebih mandiri dan mampu memberikan solusi pada persoalan di wilayahnya masing-masing.

Sejak didirikan pada 1983, Ponpes Arafah menjadi sebuah lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pendidikan formal, tapi juga berupaya memberikan perhatian kepada kalangan masyarakat yang tidak mampu. Sehingga, sejak berdiri itulah, ponpes ini tak pernah memungut biaya dari para peserta didiknya.

Para peserta didik di sana tidak terbatas pada santri formal yang menginap di asrama. Namun, lebih dari itu, Ponpes ini juga mendidik kalangan yang kurang mendapatkan perhatian. Tak jarang, Ponpes Arafah sering menerima peserta didik yang cacat fisik dan mengalami masalah mental.

Ponpes Arafah juga memberikan perhatian pada anak-anak yang terlantar melalui penyediaan panti asuhan sebagai upaya untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak tersebut. Selain panti asuhan, juga panti jompo yang setia menjadi tempat bernaung bagi kalangan lanjut usia.

Dalam kondisi demikian, Ponpes Arafah hadir sebagai tempat yang menjadi solusi bagi sejumlah persoalan yang kerap tak mendapat perhatian dari masyarakat. Ponpes ini seolah menjadi tempat rehabilitasi untuk masyarakat yang haus akan ilmu. Bukan hanya ilmu agama, tapi juga ilmu bagaimana menjadi sosok yang berguna di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement