Jumat 03 Jul 2015 14:54 WIB

Cara Menghapal Alquran dalam Dua Tahun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Alquran
Foto: muslimdaily.net
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Menghapal Alquran mungkin perkara sulit bagi sebagian besar orang, tapi tidak bagi hafidz asal Irak, Abdul Rahman Majeed.

Dengan tekad kuat dan dukungan keluarga, Majeed hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk menghapal Alquran yang terdiri dari 114 surat, 30 juz, dan 6.236 ayat.

"Segala puji bagi Allah yang membimbing dan mengilhami saya untuk bisa menghapal Alquran pada 2008. Perjalanan suci ini saya selesaikan pada 2010 di Baghdad Utara, kampung halaman saya," kata Majeed, dilansir dari Khaleej Times, Jumat (3/7).

Mahasiswa Jurusan Syariah di Grand Imam College ini mengatakan dia belajar Alquran pada seorang guru di sebuah masjid di desa tempat tinggalnya. Liburan musim panas dan akhir pekan tidak digunakannya untuk bersenang-senang. Majeed menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghapal Alquran.

Majeed pun didaulat untuk mengikuti Dubai International Holy Quran Award yang diselenggarakan tahun ini. Kontestan Qatar Abdoulazez Ghani memiliki pengalaman serupa dengan Majeed, yaitu hapal Alquran selama dua tahun.

"Butuh waktu dua tahun memelajari Alquran dengan hati. Saya memulainya saat 15 tahun dan selesai ketika 17 tahun," katanya.

Ghani sekarang mahasiswa Fiqh di Umm Al Qura University, Mekah. Dia sempat mengalami kesulitan ketika menghapal Alquran, namun berkat pertolongan Allah, dukungan keluarga, dan tekad kuat dalam diri, Ghani berhasil melakukannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement