Selasa 23 Jun 2015 00:25 WIB
Ramadhan 2015

Asal Mula Kewajiban Puasa Ramadhan

Rep: c 24/ Red: Indah Wulandari
Warga Arab Saudi ketika berpuasa puasa Ramadhan pada tahun lalu.
Foto: regionalpost.com
Warga Arab Saudi ketika berpuasa puasa Ramadhan pada tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Puasa adalah suatu ibadah yang sejak dahulu telah ada dan diwajibkan atas umat-umat sebelum umat Nabi Muhammad SAW. ‎

Menurut Prof Ahmad Thib Raya dalam bukunya ‎Menyelami Seluk Beluk Ibadah Dalam Islam,  puasa Ramadhan mulai diwajibkan pada hari Senin, tanggal 2 Sya'ban tahun kedua Hijriah.

“Ini berarti bahwa puasa Ramadhan mulai diwajibkan setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah," tulisnya dilansir Senin (21/6). ‎

Dia menjelaskan sebelum diturunkan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan, tidak berarti bahwa mereka tidak pernah melakukan puasa. Ketika baru tiba di Madinah, Rasullullah memerintahkan kaum Muslimin untuk berpuasa tiga hari dalam sebulan.

Selain itu para pengikut Nabi saat itu, melaksanakan puasa hari Asyura pada 10 Muharram, sebagaimana yang dilakuakan oleh orang-orang Yahudi di Madinah ketika itu.

Setelah turunnya kewajiban berpuasa Ramadhan, maka diwajibkan atas orang-orang beriman melaksanakan puasa Ramadhan. Sedangkan puasa-puasa sebelumnya yang dilaksanakan oleh kaum Muslimin menjadi puasa sunnah.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement