Selasa 16 Jun 2015 07:17 WIB

Hari ini Kemenag Sulsel Amati Hilal di Mall GTC

Rep: Debby Sutrisno/ Red: Agung Sasongko
RUKYATUL HILAL - Petugas Rukyat meneropong posisi hilal (bulan) menggunakan hilal tarcker saat dilakukan rukyatul hilal, guna menentukan 1 Syawal 1434 H, di Pantai Ambat, Tlanakan, Pamekasan,
Foto: FOTO ANTARA/ Saiful Bahri
RUKYATUL HILAL - Petugas Rukyat meneropong posisi hilal (bulan) menggunakan hilal tarcker saat dilakukan rukyatul hilal, guna menentukan 1 Syawal 1434 H, di Pantai Ambat, Tlanakan, Pamekasan,

REPUBLIKA.CO.ID MAKASSAR -- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (16/6) akan melakukan Ruhiatul Hilal untuk menentukan 1 Ramadan 1436 H tahun 2015 di puncak gedung Mall GTC Makassar sekitar pukul 17.00. Peneropong hilal di puncak  tersebut sebagai penentuan akan dilaksanakan puasa bagi umat isalm yang ada dipenjuruh negeri ini.

Pemantauan tersebut, bukan hanya dilaksanakan di Kota Makassar, melainkan serentak akan dilakukan  di 29 titik seluruh Indonesia, termasuk Kota Makassar, Surabaya ,Jakarta,  Nusa Tenggara, Sumatra, Jawa Barat, dan beberapa tempat lainya.  Dari 29 titik tersebut serentak melaksanakan pada hari ini, setelah itu akan dikumpulkan dikemetrian Agama untuk menentukan puasa tahun ini.

"Kita akan langsung melihat hilal sebagai penentu kapan kita akan melaksanakan puasa pada tahun ini," kata Kaswad Sartono Bidang Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sulsel, Senin (15/6).

Kaswad Sartoni menambahkan, pihak Kemenag juga akan mengundang berbagai ormas Islam yang ada di Makassar diantaranya Nahdatul Ulama (NU), Muhammadyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Wahda Islamiyah, DDI As'Adiyah  dan beberapa perguruan Makassar, seperti Universitas Islma Negeri (UIN),UMI, Unismuh dan lainnya.

"Sengaja kami undang semua pihak,agar bisa sama sama melihat kapan jatuh 1 ramadhan tahun ini," ungkap Kaswad.

Hasil peneropongan yang didapat nantinya akan dikirim langsung kepada Kementrian Agama Republik Indonesia untuk melakukan Sidang Itsbat Penetapan Awal Ramadhan 1436H.

Dari hasil beberapa penemuan dan prediksi,  puasa kali ini kemungkinan akan dilaksankan serentak pada tanggal 18 Juni, baik itu Pemerintah, maupun Muhammadiyah. Sementara lebaran akan jatuh pada tanggal  17 Juli mendatang.

"Mudah mudahan persamaan ini memberikan keberkahan, untuk meningkatkan kesalehan spritual dan sosial kita," katanya.

Terpisah sekertaris DPW Muhammadiyah Sulsel Mawardi mengatakan, pihaknya terlebih dahulu telah menentukan awal puasa ramadan di tahun 2015 ini adalah jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015. Dan pada hari rabu malam akan melaksanakan sholat tarwih.

"Kita sudah ditetapkan bahwa bulan puasa akan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 18 bulan ini, penetepan hal hal tersebut sudah ditetapkan  sampai 2024 mendatang," ungkap Mawardi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement