Selasa 16 Jun 2015 06:52 WIB

Bazis DKI Serahkan Bantuan Zakat Kepada 7.000 Mustahik

Rep: c08/ Red: Agung Sasongko
Petugas amil zakat sedang menjelaskan informasi kepada pekerja di Jakarta
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Petugas amil zakat sedang menjelaskan informasi kepada pekerja di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Amil Zakat Infaq dan Sedekah (BAZIS) DKI Jakarta Zubaidi Adih mengatakan, lembaganya akan menyerahkan bantuan dari dana zakat kepada 7.000 penerima pada bulan Ramadhan nanti, tepatnya di tanggal 8 Juli. Penyerahan ini dilakukan dalam acara dengan tajuk ‘Peduli Umat’ yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

“8 Juli nanti kami ada program namanya Peduli Umat, itu akan menghadirkan kurang lebih tujuh ribu penerima,” kata Zubaidi kepada ROL, Senin (15/6).

 Zubaidi menjelaskan dari semua penerima itu terdiri dari mustahik penerima bantuan biaya pendidikan atau beasiswa, bantuan untuk kaum dhuafa dan juga bantuan untuk anak-anak yatim piatu. Bila kapasitas dana mencukupi, Zubaidi menyebut bantuan juga akan mereka salurkan kepada lembaga agama seperti masjid.

Penyerahan bantuan itu akan dihadiri oleh kelima walikota di DKI Jakarta dan juga oleh segenap pimpinan pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, BAZIS DKI kata dia juga mengundang kalangan pengusaha dan ulama guna meransang lebih banyak lagi pihak yang mau mendonasikan uang untuk zakat.

“Ini termasuk kepada strategi kami untuk mengumpulkan dana, caranya dengan mengudang sejumlah tokoh masyasrakat dan juga pengusaha,” ujar Zubaidi.

Untuk tahun ini, Zubaidi menyebut pihaknya berhasil mengumpulkan dana dari zakat sebanyak Rp 120 milar. Ia berharap jumlah ini terus meningkat seperti yang dialami di tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini guna meningkatkan jumlah dana zakat yang mereka himpun, Bazis DKI sebut Zubaidi juga meminta pihak pemerintah DKI Jakarta agar setiap pegawai mau memotong 2,5 persen pendapatannya dalam sebulan untuk zakat.

Selain itu pihaknya juga menjalin  kerjasama dengan forum Badan Kontak Majelis Taklim dan juga lembaga-lembaga pendidikan agar ikut menggalakkan semangat untuk berzakat guna berbagi dengan sesama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement