Senin 08 Jun 2015 19:21 WIB

Menag Singgung Isu Islam Nusantara

Rep: Esti Maharani/ Red: Agung Sasongko
Tilawan Alquran dengan Langgam Jawa
Foto: Youtube
Tilawan Alquran dengan Langgam Jawa

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyinggung tentang Islam Nusantara dalam Ijtima' Ulama Komisi Fatwa MUI Se-Indonesia ke-5 di Tegal, Jawa Tengah, Senin (8/6). Ia menitipkan pesan agar para ulama ikut mengkaji Islam Nusantara yang dinilainya semakin berkembang di tanah air.

"Satu hal yang penting yang saya titipkan dalam Ijtima' Ulama adalah pentingnya para peserta memberikan perhatian cukup untuk melakukan pendalaman, pengkajian, dan pengkayaan serta tukar menukar pemikiran dan pengalaman mengenai ajaran Islam yang hidup dan berkembang di tanah air yang mulai sering disebut sebagai 'Islam Nusantara," katanya.

Ia mengharapkan forum Ijtima' Ulama akan mampu memperkuat sendi-sendi basis teori dan konseptual ajaran Islam yang berkembang di Indonesia dan praktik kehidupan keagamaan umat Islam di tanah air.

Menurutnya, berbagai kalangan menilai ajaran islam yang berkembang dan hidup subur serta dipraktikan di tanah air memiliki berbagai kelebihan dan keistimewaan dibandingkan ajaran islam yang berkembang dan dipraktikan di Timur Tengah.

"Ajaran Islam yang hidup di tengah-tengah bangsa kita bercirikan ajaran yang damai, toleran, inklusi, santun, dan teduh," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement