Jumat 05 Jun 2015 21:49 WIB

Tiga Kunci Sukses Kehidupan

Didin Hafidhuddin
Foto: ROL
Didin Hafidhuddin

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Islam adalah agama yang menuntun umatnya untuk menjadi orang-orang yang sukses. Salah satu petunjuk itu ada di Alquran Surah (35) Fathir ayat 29-30.

 

“Dalam surat tersebut Allah menjelaskan bila manusia tidak ingin rugi dalam mengarungi kehidupan, maka ada tiga hal yang harus dijadikan lifestyle,” kata KH Didin Hafiduddin.

Guru Besar Agama Islam IPB Bogor itu mengutarakan hal tersebut saat mengisi pengajian guru dan staf administrasi Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor,  Jawa Barat, Jumat (5/6).

Ia menjelaskan, tiga kunci sukses kehidupan itu, pertama, terbiasa membaca Alquran. “Alquran adalah kurikulum kehidupan atau dalam bahasa Alquran atau manhajul hayah,” kata  Dekan Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor.

Banyak orang yang masuk Islam karena mendengar Alquran. “Wasilah hidayahnya adalah Alquran,” tutur Ketua Baznas itu.

 

Kedua, menegakkan shalat. "Alquran Surah  Maryam ayat 59 menegaskan, orang-orang yang melalaikan shalat, maka pertahanan dirinya akan rapuh,” kata Kiai Didin.

Ketiga, menginfakkan sebagian rezekinya, baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Bahkan Rasulullah menganjurkan para sahabatnya untuk berinfak sebagaimana sabda beliau, “Jauhi api neraka, walaupun dengan sebutir kurma.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement