Senin 01 Jun 2015 15:40 WIB

Apa yang Harus dilakukan Saat Berdakwah di Kalangan Mualaf?

Vera, mualaf ukraina yang jadi penghafal Alquran
Vera, mualaf ukraina yang jadi penghafal Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi kewajiban setiap Muslim untuk berdakwah. Terutama, berdakwah dikalangan yang belum tahu tentang Islam. Sulitkah?

Ketua Mualaf Center Indonesia (MCI), Steven Indra Wibowo mengatakan ada banyak pertanyaan soal masalah dakwah kepada mereka yang tertarik dengan Islam namun belum bersyahadat. Kebanyakan mengaku bingung, karena tidak menguasai ajaran agama dengan baik dan benar.

"Lantas apa yang bisa kita lakukan, pertanyaan inilah yang sering mengemuka," kata dia dalam akun facebook pribadinya, Senin (1/6).

Sederhananya, kata dia, baca surat Al-Qashasas ayat ke-56 yang artinya "Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk."

"Kemudian saya biasanya jawab begini,  pak atau bu, saya ini masih manusia bodoh yang lemah ilmunya dan rendah sama sekali dihadapan Allah, saya tidak akan mampu menggambarkan bagaimana indahnya beriman Islam, namun saya mungkin bisa mencontohkan dan silahkan anda lihat bagaimana saya menikmati hidup tanpa beban dalam Islam," kata Steven.

1. Mau shalat sudah diatur waktunya tinggal menjalani, enggak perlu bingung kapan mau Shalat.

2. Mau petunjuk tinggal buka Alquran dan lihat teladan Rasulullah.

3. Mau ketemu kebahagiaan kita bersyukur dan bersabar agar tidak berlebihan

4. Mau ketemu cobaan juga kita bersyukur karena enggak semua manusia diuji dan dia sadar dia sedang diuji

5. Mau mati pun rasanya sudah siap senantiasa karena sudah tahu apa yang kita perbuat di dunia akan menjadi jalan kita di akhirat

"Inilah jalan dawah kami, kami mungkin masih bodoh dalam berceramah, yang bisa kami lakukan hanya menunjukan bagaimana kami bahagia menjadi seorang Muslim, Begitu mudah-nya berdawah dalam kehidupan sehari-hari selama kita menjalankan apa yang diperintah Allah dan menjauhi larangan-Nya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement