Ahad 17 May 2015 15:00 WIB

Pentingnya Umat Islam Bekerja Keras

Rep: c94/ Red: Agung Sasongko
Bekerja Keras (ilustrasi)
Foto: Musiron/Republika
Bekerja Keras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bendahara Pengurus Pusat Muhadiyah, Anwar Abbas menilai pada hakikatnya manusia harus mengerjakan pekerjaan dengan tekun. Sebuah pekerjaan atau hal yang dilakukan dengan mengingat Allah adalah sebuah mediasi rizki manusia.

Sebab, menurut Anwar, manusia yang beriman akan selalu berusaha dalam upaya mengapai rezekinya. "Dalam Alquran sudah jelas bahwa manusia sedang dalam kerugian kecuali bagi mereka yang berbuat kebaikan kebenaran dan beramal shaleh. Sehingga bukan sembarang bekerja," kata dia, Ahad (17/5).

Anwar menilai, manusia yang tidak berkerja dalam berbuat suatu untuk hal kebaikan adalah pengangguran. Pekerjaan adalah ibadah sekaligus media meraih rizki yang diridhai Allah. Hanya saja, pekerjaan harus disertai jalan yang dirodhoi Allah.

"Jangan biarkan diri kita untuk tidak berbuat sesuatu sebab rizki bukan hanya berbentuk materi. Allah sudah perintahkan umatnya untuk berbuat baik dan itu bekerja," katanya.

Pemerintah Indonesia saat ini tidak sanggup menciptakan lahan pekerjaan. Maka umat Islam-lah yang berkewajiban membuat peluang pekerjaan. Tentunya, kata Anwar, pekerjaan tergantung pada individu manusiannya karena manusia yang beriman akan terus berbuat sesuatu yang baik.

"Jika ada manusia yang sedang berusaha membutuhi kebutuhan hidup diri dan keluarganya itu adalah bentuk ibadah," ucapnya.

Dalam Islam, Anwar melanjutkan, Allah menwajibkan manusia untuk bekerja melakukan hal yang baik. Anwar kembali menjelaskan, pekerjaan selain sebuah wasilah untuk jalan rizki Allah adalah tanda orang beriman. "Jika manusia tidak berusaha  bekerja maka peluang rezekinya akan keci," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement