Senin 20 Apr 2015 17:49 WIB

Perbuatan Dosa Mengganggu Hafalan Alquran

Rep: c24/ Red: Damanhuri Zuhri
Sejumlah santri menghafal Alquran.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah santri menghafal Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengasuh Pondok Pesantren SMP Tahfiz Qur'an Al-Falakiyah Ustaz TB Asep Zulfiqor menjelaskan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung siswa menghafal Alquran harus menghindari kegitan-kegiatan yang dapat mepersulit siswa didik dalam menghafal Alquran.

"Jangan ada hal-hal yang mengganggu dalam menghafal Alquran, hindari hal-hal yang merusak hafalan Alquran," ungkap Ustaz Asep saat kunjunganya ke kantor Republika, Senin (20/4).

Menurutnya, kegitan yang negatif yang mengarah pada dosa akan mempersulit hafalan Alquran. Dia menjelaskan dalam menciptakan lingkungan yang mempermudah siswa didik untuk menghafal Alquran, sedemikin mungkin dia mengarahkan kegiatan-kegiatan yang positif untuk santriwan dan santriwati. Mulai dari akhlak, kesucian beribadah, sampai dengan akidah.

Ustaz Asep juga mengatakan kegitan dalam pesantren sangat padat, baik itu kegitan menghafal Alquran dan hadis dan juga kegitan belajar pelajaran umum seperti halnya SMP pada umumnya.

SMP Tahfiz Al Falaqiyah bertujuan menjadi lembaga Tahfiz Quran yang membentuk pribadi hamalatul Quran (menjadikan Quran dalam kehidupan). Selain itu juga bertujuan membentuk siswa yang berkarakter akhlakul karimah atau berbudi pekerti mulia dan berwawasan kebangsaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement