Senin 20 Apr 2015 07:39 WIB

Masjid Besar Jamia Lahore, Perpaduan Kebesaran Imperium Islam (2-habis)

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indah Wulandari
Masjid Besar Jamia Bahria,
Foto: skycrapercity
Masjid Besar Jamia Bahria,

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE -- Di lantai satu Masjid Besar Jamia Bahria, Lahore, Pakistan terdapat sebuah museum warisan Islam, yang  menampilkan koleksi langka Alquran, perpustakaan Islam, dan juga sebuah galeri seni Islam dengan berbagai artefak antik.

Terdapat pula tempat sholat daerah khusus bagi jamaah wanita di lantai pertama. Dengan adanya tempat sholat khusus ini, jamaah wanita dapat ikut dalam sholat Jumat tanpa harus tergeser dari jamaah laki-laki. Selain itu juga terdapat ruang bawah tanah di bawah ruang shalat utama.

Area ruang bawah tanah masjid digunakan sebagai kawasan pendidikan Islam. Di area ini ditawarkan kepada masyarakat berbagai kursus agama Islam modern yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan Islam di masyarakat.

Selain area pendidikan, di bagian lain ruang bawah tanah ini juga difungsikan sebagai tempat berwudhu. Tempat berwudhu ini dikemas lebih modern dengan kawasan dan pintu masuk yang terpisah.

Area ini menjadi satu dengan kamar mandi dengan ubin bermarmer, namun tetap memiliki karakter khas 'Ghusal' gaya toilet India Mughal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement