Senin 13 Apr 2015 07:38 WIB

Interior Kontemperor Masjid Yeşil Vadi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indah Wulandari
Interior Masjid Yesil Vadi, Istanbul, Turki
Foto: pinterest
Interior Masjid Yesil Vadi, Istanbul, Turki

REPUBLIKA.CO.ID,Pada interior Masjid Yeşil Vadi, ruang shalat utama penuh dengan pencahayaan yang juga menerangi bagian mihrab menghadap ke kiblat. Mihrab berada pada bagian dalam kubah yang lebih besar, pada area ini juga difungsikan sebagai tempat shalat bagi pria.

Pada bagian mihrab terdapat kaligrafi Allah dan kufi kalimat 'Bismillahirrahmanir Rahim' yang memantulkan cahaya dari refkleksi sinar jendela dibalik mihrab. Sebuah meja dan mimbar sederhana dari kaca berdiri berdampingan disamping mihrab.

Di atas bagian dalam kubah yang lebih besar terdapat nama Nabi Muhammad SAW dan empat sahabat khalifah. Di atas bagian dalam kuba bagian mihrab juga menampilkan dekorasi huruf Arab 'Wau' yang tersusun secara acak memenuhi bagian atas kubah.

Ruang shalat utama dengan pintu masuk dipisahkan dengan susunan rak sepatu yang tertata rapi. Pada bagian dalam kubah lain juga terdapat serambi tingkat dua yang lebih kecil, bagian ini  diperuntukkan bagi tempat sholat wanita.

Pada bagian bawah ruang utama masjid, terdapat ruang untuk kegiatan sosial, seperti perpustakaan dan ruang pertemuan. Ruang pertemuan ini berbentuk ruang konferensi melingkar dengan panggung ditengahnya dan mampu menampung 250 orang.

Bersebelahan dengan ruang pertemuan terdapat jalan yang menghubungkan ke minaret, ruang  pameran dan area portico atau teras. Di ruang pameran inilah terdapat perpustakaan, sedangkan pada area teras bersebelahan dengan ruang ruang masuk basement utama yang terpampang sebuah kaligrafi surah Al Ikhlas.

Di area ruang masuk basement utama inilah terdapat area wudhu dan tempat area kamar mandi dan sosial, seperti tempat berkumpul dan beristirahat.

Sejak awal dibangun, sang arsitek memang merancang Masjid Yeşil Vadi ini menekankan partisipasi dan menarik minat masyarakat sekitar.

Karena itulah konsep masjid ini menempatkan beberapa tata ruang untuk kegiatan sosial masyarakat, seperti halaman dan taman yang luas dan balai pertemuan. Masjid ini juga menyesuaikan daerah pemukiman baru yang menyelaraskan blok perumahan, toko, fasilitas sosial, sekolah dan pusat olahraga masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement