Rabu 18 Mar 2015 15:23 WIB

Erick Yusuf: Dakwah di Medsos Sangat Efektif

Rep: c 71/ Red: Indah Wulandari
Ustaz Erick Yusuf.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ustaz Erick Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Media sosial dinilai berperan sangat penting untuk berdakwah karena menawarkan sejumlah kemudahan dalam menyampaikan syiar Islam.

"Tentu sangat efektif. Bahkan saya nilai sudah masuk dalam tingkat penting," ujar Ustaz Erick Yusuf, Selasa (17/3).

Erick mencontohkan efektivitas medsos dalam dakwah sangat terasa. Mislanya, 10 tahun lalu, ia harus berkeliling hingga ke pelosok daerah untuk berdakwah. Sekarang, dengan bantuan medsos ia bisa mencakup remaja bahkan hingga ke orang tua. Baik di kota maupun hingga ke pelosok negeri.

"Saya yang berbasis di Bandung atau Jakarta tidak menemui masalah untuk menyampaikan dakwah kepada mereka. Jadi, untuk cakupan tentu sangat bagus sekali," ujar Erick. Bahkan, kata Erick, ia terbantu medsos untuk menjalin komunikasi dengan sejumlah dai dan jamaah dari berbagai negara.

Medsos pun bisa menghancurkan batas ruang dan waktu karena jamaah dapat mengakses dakwah saya begitu saya menyampaikannya.

Akan tetapi, kata Erick, memang ada masalah di sisi pendalaman. Erick mengakui informasi yang ditampilkan lewat medsos cenderung terbatas.

"Tulisan panjang itu malas dibaca karena masyarakat sekarang suka hal-hal instan. Oleh karena itu, dakwah di medsos itu lebih menyasar kesadaran masyarakat. Untuk tahap pendalaman, kita garap lagi lewat majelis-majelis taklim," ujar Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement