Selasa 03 Mar 2015 13:04 WIB

Pemkot Ingin Jadikan Padang Kota 1000 Qori

Rep: c70/ Red: Dwi Murdaningsih
  Peserta khataman Alquran dari komunitas ODOJ (One Day One Juz) di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, Rabu (31/12). (Republika/Adjie Sambogo)
Peserta khataman Alquran dari komunitas ODOJ (One Day One Juz) di Masjid Agung At-Tin, Jakarta, Rabu (31/12). (Republika/Adjie Sambogo)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang ingin menjadikan Kota Padang memiliki ikon baru sebagai 'Kota 1000 Qori'. Saat ini, Pemkot Padang terus menggalakkan pendidikan Alquran dan mensertifikasi guru-guru TPQ/TQA agar kualitasnya lebih terasah.

"Sebagai bagian dari Minangkabau yang dikenal sangat religius, kita ingin generasi muda di Kota Padang menguasai ilmu agama serta fasih dalam membaca Alquran," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (3/3).

Dikatakannya, saat ini, Pemkot Padang tengah melakukan sejumlah upaya melalui pelaksanaan pendidikan Alquran di TPQ/TQA, didikan Subuh, wirid remaja serta pesantren ramadhan. Selain itu, lanjutnya, Pemkot Padang terus melakukan sertifikasi para guru TPQ/TQA, agar mendapatkan tenaga pengajar yang berkualitas.

"Sebab, masih banyak guru-guru mengaji yang belum fasih bacaannya dalam mengajar baca tulus Al Quran, terbukti hasil sertifikasi banyak yang nilainya C," ungkap Mahyeldi.

Ia berharap, para peserta MTQ Antar Juara Se-Sumatera Barat agar dapat menjadi mentor dalam membina guru TPQ/TQA di setiap kecamatan dan kelurahan. Sedangkan para qori dan qoriah sendiri, ujarnya, diharapkan agar rajin melatih diri. Agar, lanjutnya, tidak hanya sekedar pandai melantunkan ayat suci dengan bacaan namun juga dengan irama yang bagus, juga diharapkan bisa hafal 30 juz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement