Kamis 26 Feb 2015 11:15 WIB

Wujudkan Kemandirian Pesantren, Kemenag Bentuk Pesantren Maritim

Rep: C83/ Red: Ani Nursalikah
Salah satu kegiatan santri di pondok pesantren.
Foto: Antara/Rudi Mulya/ca
Salah satu kegiatan santri di pondok pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mengembalikan karakter kemandirian pesantren, Kementerian  Agama berencana membentuk pondok pesantren kemaritiman. Hal tersebut disampaikan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Mohsen.

Ia mengatakan, pesantren maritim rencananya akan diresmikan pada Agustus mendatang. Mohsen menjelaskan semua pesantren yang berada di wilayah pesisir pantai Indonesia akan mengikuti program pesantren kemaritiman ini.

Masing-masing pesantren akan dipetakan potensi kelautannya sehingga tidak memiliki kesamaan dengan pesantren lainnya, seperti budidaya rumput laut. Kementerian agama juga akan menjalin kerjasam dengen Menko PMK dan Perikanan untuk mengembangkan pesantren kemaritiman ini.

"Jadi semua pesantren yang berada di pesisir pantai kita berharap bisa mengikuti kemaritiman ini. Sebenarnya kita ingin mengembalikan karakter kemandirian pesantren agar pesantren bisa mandiri secara ekonomi," ujar Mohsen saat ditemui di kantor Kementerian Agama, Rabu (25/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement