Selasa 24 Feb 2015 09:26 WIB

Satu Lagi Aplikasi yang Manjakan Wisatawan Muslim

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Wisatawan Muslim
Wisatawan Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Sebuah aplikasi telepon pintar, Irhal, diluncurkan bagi wisatawan Muslim. Aplikasi ini tidak hanya memuat atraksi dan pusat perbelanjaan di 90 kota, tapi juga lokasi restoran dan masjid terdekat.

Jadwal shalat dan kompas yang menunjukkan arah kiblat juga bisa diakses dalam aplikasi yang bisa diunduh cuma-cuma bagi telepon selular berbasis operasi Android dan iOS ini.

''Kekhawatiran terbesar saya sebagai wisatawan adalah bagaimana menemukan makanan halal dan masjid saat waktunya shalat Jumat,'' kata CEO dan pendiri Irhal.com Irfan Ahmad, seperti dikutip Trade Arabia beberapa waktu lalu.

Ahmad mengatakan, laman informasi wisata Irhal.com dibentuk beberapa tahun lalu dan pada 2014 laman itu sudah dikunjungi lebih dari sejuta orang. Karena makin banyak pengunjung yang minta konten Irhal.com dibuat dalam aplikasi selular, Irfan dan tim mewujudkannya.

''Hotel-hotel dan organisasi pariwisata Swiss, Irlandia, dan Korea bahkan sudah menjalin kontrak dengan kami untuk memasukkan mereka dalam paket wisata ramah Muslim,'' ungkap Ahmad.

Pariwisata Islam kini menjadi bisnis yang nilainya setara 137 miliar dolar AS. Wisatawan dari Kawasan Teluk sendiri membelanjakan sekitar 40 miliar dolar AS per tahun. Dengan penetrasi telepon selular lebih dari 70 persen, Ahmad menjadikan Irhal sebagai aplikas yang laik dimiliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement