Ahad 22 Feb 2015 10:05 WIB
Islamic Book Fair 2015

Buku Dapat Tingkatkan Kualitas Umat

Rep: C08/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Pengunjung Islamic Book Fair 2014 di Istora Senayan, Jakarta.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pengunjung Islamic Book Fair 2014 di Istora Senayan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Islamic Book Fair Anis Baswedan mengatakan, buku-buku berkonten islami adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas umat Islam.

Sebab, melalui buku kata dia, umat dapat mengakses ilmu-ilmu serta nilai yang diajarkan turun kan dari pemuka-pemuka agama sejak zaman dahulu hingga zaman sekarang.

"Salah satu cara untuk tingakatkan kesadaran dan kualitas umat ya dengan cara menyebarkan buku-buku islami," kata Anis di sela-sela penyelenggaraan soft launching IBF di Car Free Day di Kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat, Ahad (22/2).

Anis menjelaskan dalam membenahi kualitas umat islam, juga dilakukan dengan cara dakwah lisan melalui pengajian-pengajian di masjid-masjid. Akan tetapi kata dia dakwah lisan ini ada baiknya disempurnakan dengan buku-buku. Sebab ia menilai syiar agama melalui lisan terbatas oleh durasi waktu yang tidak panjang.

 

Untuk itulah, buku kata dia dapat menyajikan apa-apa yang tidak tersampaikan secara lisan. Karena buku kata dia dapat diakses dan dibaca kapanpun masyarakat menginginkan.

"Jadi dua-duanya bersinergi. Membaca juga sangat efektif. Lisan juga sangat bagus namun relatif singkat, makanya kajian lebih diperdalam lewat buku," ujar Anis.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement