Rabu 11 Feb 2015 15:21 WIB

Himpuh: Paket Umrah Murah tidak Terukur Secara Logika

Rep: c 83/ Red: Indah Wulandari
Umroh (ilustrasi)
Foto: Tourandtravel
Umroh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (Himpuh)  menilai keberadaan travel yang menawarkan paket umrah murah memang ada.

"Sangat banyak (paket umrah murah). Kadang-kadang orang menjual paket tidak terukur ya secara logika,” ujar Ketua Himpuh Baluki Ahmad, Rabu (11/2).

Ia menjelaskan, ada travel yang menawarkan harga paket umrah murah senilai Rp 13 juta saja. Padahal idealnya untuk pemberangkatan umrah rata-rata membutuhkan 1.850 dolar AS atau sekitar Rp 24 juta di area Jakarta.

Baluki mencermati keganjilan harga yang tak logis tadi dengan alasan kuota terbatas. Padahal, ujarnya, tak ada pembatasan untuk kuota umrah.

Ia meminta masyarakat agar cerdas untuk menanyakan uang yang disimpan di travel tersebut digunakan untuk keperluan apa. Hal ini agar ibadah yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Ia menambahkan, biaya umrah murah ini tidak melakukan penekanan harga pada aspek tertentu. Seperti transportasi dan lain sebagainya. Namun, mereka mengorbankan jamaah yang antre dengan memanfaatkan uang jamaah tersebut untuk pemberangkatan jamaah lainnya.

"Dia tidak akan dirugikan tapi jamaah. Tidak ada yang ditekan, itu ada sesuatu yang dikorbankan. Kenapa harus menunggu satu tahun berarti kan ada yang dikorbankan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement