Senin 02 Feb 2015 10:28 WIB

Wanita Muslim India Peringati Hari Hijab Dunia

Rep: C83/ Red: Winda Destiana Putri
World Hijab Day
Foto: worldhijabday.com
World Hijab Day

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perempuan Muslim India di ibukota Uttar Pradesh Lucknow merayakan Hari Hijab Dunia untuk pertama kalinya dengan mengadakan perayaan khusus.

Perayaan ini diadakan dengan menyebarkan puluhan poster dan spanduk buatan tangan dekorasi jalanan. Muslim dan wanita non-Muslim di Bada Imambara akan diundang untuk mencoba jilbab selama satu hari.

"Aku datang untuk tahu tentang WHD melalui posting di media sosial. Ini adalah cara yang brilian untuk menyebarkan kesadaran tentang jilbab dan dalam perspektif yang lebih luas tentang Islam," ujar peserta Hijab dunia, Ayushi Srivastava seperti dilansir Islam Online, Senin (2/2).

Ia mengatakan, dengan adanya perayaan ini orang akan tahu bahwa jilbab sebenarnya adalah kebebasan perempuan untuk mengekspresikan diri dengan cara yang mereka mau.

Diselenggarakan oleh tim wanita muda India, acara ini merupakan bagian dari perayaan global ulang tahun ketiga Hari Hijab Dunia yang ditandai di 140 negara di seluruh dunia.

"Ketika seseorang memutuskan untuk memakai pakaian minim, dia dianggap sebagai modern dan gratis tapi ketika wanita lain memilih untuk menutupi tubuhnya, ia dianggap tertindas," kata anggota dari tim Dunia Hijab di Lucknow, Sarah Husain.

Ia juga menambahkan, memakai jilbab merupakan ketentuan agama. Wanita Muslim akan menutupi rambutnya bukan menutupi otak dan kecerdasannya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement