Ahad 18 Jan 2015 09:57 WIB

Dakwah Bawa Perubahan dalam Kehidupan

Syamsul Arifin Nababan
Foto: RAHMAN SADLY/REPUBLIKA.CO.ID
Syamsul Arifin Nababan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Dakwah adalah bagian penting dalam syiar agama Islam. Ini diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada internal, umat Muslim dan kalangan non-Muslim.

Pendiri Pesantren Mualaf Annaba Center, KH Syamsul Arifin Nababan mengatakan, syiar agama melalui dakwah ini nyata-nyata telah membawa perubahan dalam kehidupan. Tidak jarang ditemukan seorang yang dahulunya berbuat tidak baik, seperti preman yang suka memeras pedagang pasar, taubat karena mendapat hidayah melalui jalan dakwah, baik melalui dakwah dengan lisan maupun dengan perbuatan.

"Ini adalah sebuah gambaran bahwa dakwah sangat dibutuhkan oleh umat, sehingga tidak menjadi sesuatu yang terkadang hanya dijadikan sebagai penghibur, namun sudah menjadi sesuatu yang urgen khususnya dalam kehidupan modern," kata dia, seperti dilansir Annaba-Center, Ahad (18/1).

Menurut Nababan, dakwah dalam kehidupan modern ini dilakukan tidak hanya melalui lisan di masjid-masjid, perkantoran, kediaman masyarakat, lapangan dan gedung serbaguna. Umrah pun bisa menjadi medium dakwah. “Umrah, selain menjalankan sunnah Rasulullah Saw. adalah langkah awal bagi pribadi Muslim yang akan menjalankan rukun Islam terakhir, yaitu menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Oleh sebab itu, diperlukan dakwah bagi para jamaah umrah agar mereka memahami manfaat dan pentingnya umroh dilakukan.” ujar beliau.


 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement