Kamis 15 Jan 2015 16:30 WIB

Jaminan Produk Halal Bukan Islamisasi

Rep: Ahmad Baaras/ Red: Agung Sasongko
Muslim Bali
Foto: Republika/Fitria Andayani
Muslim Bali

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Penasihat MUI Bali, H Roichan Muhlis mengatakan, UU nomo 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), bukan untuk islamisasi. Sebaliknya UU JPH dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di dalam maupun di luar negeri.

"Sertifikasi itu kan untuk produknya, bukan untuk konsumen atau produsennya," kata Roichan.

Hal itu dikemukakan Roichan di Denpasar, Kamis (15/), usai menghadiri pertemuan Raat Dengar Pendapat (RDP) antara anggota DPD asal Bali, Arya Wedakarna dengan tokoh-tokoh agama di Bali. Pertemuan yang dilangsungkan di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, dihadiri tokoh agama Hindu, Islam, dan Kristen.

Dalam RDP, Arya Wedakarna menghabiskan sekitar satu jam untuk menejelaskan kunjungannya. Dia menyinggung lemahnya peran lembaga pendidikan, khususnya dunia  Hindu di Bali. Peserta lainnya, dari tokoh Hindu mengusulkan agar peraturan pemerintah (PP) JPH memasukkan unsur sukla. Unsur sukla adalah ketentuan dalam agama Hindu tentang makanan yang boleh dimakan oleh umat Hindu.

Menurut Roichan, usulan apa saja memang pantas ditampung sebagai masukan untuk penyusunan PP JPH. Hanya saja kata Roichan, menyusunan sebuah UU atau PP, tentunya memperhatikan sejarah bagaimana munculnya UU itu. "Kita semuanya mengetahui, bahwa UU JPH diinisiasi umat Islam, untuk kepentingan daya saing produk-produk Indonesia di dalam maupun di luar negeri," katanya.

Mengutip beberapa pendapat, Roichan yang mantan pengurus LP POM MUI Bali mengatakan, bahwa JPH bukan urusan agama, tapi untuk daya saing produk. Di Amerika katanya, setiap produk yang akan masuk ke negara itu, harus bersertifikasi kosher bagi kaum Yahudi dan bersertifikasi halal bagi ummat Islam.

"Di Brunei, kalau ada produk yang akan masuk ke negara itu, harus bersertifikat halal. Kalau tidak ada sertifikasinya, maka akan dikembalikan ke negara pengirim," kata Roichan.

Produk-produk di Bali kata Roichan, kini sudah banyak yang bersertfikasi halal dan itu memang pilihan untuk memudahkan pemasaran. Sedangkan yang tidak ingin mengurus sertifikasi, juga tidak dipaksakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement