Senin 12 Jan 2015 20:46 WIB

Maksimalkan Perolehan Zakat, BAZ Padang Panjang Bentuk Relawan

Zakat
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG -- Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) akan membentuk relawan zakat untuk memaksimalkan perolehan zakat di daerah itu.

"Kami akan bentuk relawan zakat untuk menambah kumpulan zakat yang nantinya disalurkan kepada yang berhak menerimanya (mustahik) dalam waktu dekat ini," kata Ketua Harian BAZ Kota Padang Panjang Rafles Sama di Padang Panjang, Senin (12/1).

Dia menambahkan dengan adanya relawan zakat itu bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat yang wajib berzakat untuk memberikan sebagain hartanya bagi masyarakat yang membutuhkan. Relawan zakat tersebut menurut dia, akan berdampak langsung terhadap penerimaan dan eksistensi BAZ itu sendiri di Padang Panjang.

"Relawan zakat tersebut akan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ber zakat ke BAZ Padang Panjang, sehingga bisa menambah kumpulan zakat," ujarnya. Relawan zakat yang akan direkrut tersebut kata Rafles, tidak ditentukan jumlah maksimalnya, karena sifatnya membantu program BAZ.

"Lebih banyak lebih baik, sehingga bisa mencapai pemenuhan target yang ditetapkan oleh BAZ dalam pengumpulan zakat," tambahnya.

Masyarakat yang akan direkrut menjadi relawan zakat itu sebut dia, adalah mubaligh yang ada di daerah itu. "Mubaligh merupakan orang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam menyiarkan agama Islam, sehingga peran sertanya sangat kita butuhkan," katanya.

Zakat yang berasil dikumpulkan oleh BAZ Padang Panjang, langsung disalurkan kepada mustahik dengan sejumlah program. "BAZ akan menyalurkan zakat melalui sejumlah program seperti, ekonomi produktif, Padang Panjang Cerdas, Padang Panjang sehat dan Padang Panjang peduli," tambahnya.

Pemerintah Kota Padang Panjang mendukung program yang akan di laksanakan oleh BAZ setempat untuk kesejahtaraan masyarakat. "Program BAZ selama ini bisa membangkitkan masyarakat dari keterpurukan ekonomi, sehingga program BAZ tersebut sudah seharusnya ada dukungan dari Pemkot Padang Panjang dalam berbagai hal," Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Panjang, Mawardi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement