Ahad 11 Jan 2015 17:20 WIB

Padang Gelar Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW

Rep: c70/ Red: Damanhuri Zuhri
Peringatan Maulid Nabi SAW, ilustrasi
Foto: Tahta/Republika
Peringatan Maulid Nabi SAW, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Warga Perumahan Bukit Belimbing Indah dan Villa Mahameru Kuranji menghelat Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW yang pertama di Kota Padang.

Berpusat di  mushalla al-Kautsar, Bukit Belimbing Indah, acara ini dibuka secara resmi oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (10/1) malam.

Menurut Mahyeldi, acara ini memiliki substansi untuk membangkitkan kembali semangat cinta kasih kepada Rasulullah SAW. Selain itu, masyarakat dapat semakin menghayati tuntunan Islam yang sebenarnya.

"Mencintai Rasulullah SAW, maka Allah akan mencintai kita. Tentunya dengan mengamalkan semua ajaran yang dibawa nabi tersebut," kata Mahyeldi, Ahad (11/1).

Menurutnya, kegiatan Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan kegiatan positif. Kegiatan ini, lanjutnya, akan menanamkan nilai-nilai keagamaan. Selain itu, juga mendorong generasi muda Islam untuk lebih kreatif, serta sejalan dengan visi Kota Padang yang religius.

Sementara itu, dalam kegiatan 'Pekan Maulid Nabi' ada pula sejumlah perlombaan yang diselenggarakan, seperti lomba adzan dan hafal Alquran bagi anak-anak. "Nantinya, bisa memudahkan dalam mengikuti seleksi pendidikan," tuturnya.

Seperti komitmen pemerintah kota Padang dalam melakukan penerimaan peserta didik. Salah satu sistem yang diterapkan yaitu seleksi hafalan beberapa juz Alquran.

"Bagi siswa yang hafal tiga juz bisa memilih SMP manapun, bagi yang hafal lima juz dapat memilih SMA atau SMK mana saja di Kota Padang," ungakapnya.

Ditemui ditempat terpisah, Ketua Panitia Pelaksana, Adib Alfikri menjelaskan, Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW ini merupakan yang pertama di Kota Padang atau bahkan di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Rencananya, kegiatan ini akan rutin digelar setiap tahunnya.

Jika saat ini, lanjutnya, peserta hanya berjumlah 18 kafilah dari mushalla se-Kecamatan Kuranji. Diharapkan pada tahun depan, seluruh mushalla di Kota Padang bisa ikut berpartisipasi.

Adib yang juga merupakan adik kandung Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menjelaskan, pembiayaan kegiatan adalah hasil dari swadaya warga. Sebagian lainnya adalah bantuan dari Bank Nagari. "Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai 10 hingga 14 Januari mendatang," tambahnya Adib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement