Rabu 07 Jan 2015 08:27 WIB

OKI: Masjid Al Aqsa Hak Muslim

Rep: c14/ Red: Agung Sasongko
Masjid Al Aqsa, Yerusalem.
Foto: Palestineremembered.com
Masjid Al Aqsa, Yerusalem.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Sekretaris Jenderal, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Iyad Madani, menunjungi Masjid Aqsa di Yerusalem. Kedatangan Sekjen OKI ini merupakan bagian dari dukungan negara-negara Muslim terhadap kedudukan Palestina akan situs suci umat Islam tersebut.

Dalam rentang waktu belakangan ini, di kawasan Masjidil Aqsa marak terjadi aksi kekerasan. Situs suci umat Islam ketiga setelah Mekah dan Madinah ini terus dibayang-bayangi oleh kekuasaan zionis Israel, yang menolak klaim kesucian Masjidil Aqsa bagi Muslim.

“Mengunjungi Masjidi Aqsa merupakan hak umat Islam. Siapapun Muslim, memiliki hak penuh untuk datang dan beribadah di sini. Tidak ada satu otoritas pun yang boleh merenggut hak ini dari umat Islam,” ujar Iyad Madani, seperti dilansir Arab News, Rabu (7/1).

Iyad Madani merupakan tokoh dari Kerajaan Arab Saudi. Pendahulu Iyad di OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, merupakan kebangsaan Turki. Adapun, kunjungan oleh tokoh Arab Saudi merupakan hal yang jarang terjadi. Sebab, ini menandakan renggangnya hubungan antara Arab Saudi dan Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement