Ahad 04 Jan 2015 08:10 WIB

Muslim Turki Peringati Maulid Nabi SAW

Rep: C03/ Red: Winda Destiana Putri
Muslim Turki  (ilustrasi)
Muslim Turki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Jutaan umat Muslim di Turki berdatangan ke masjid yang ada di tiap provinsi untuk merayakan maulid Nabi Muhammad SAW.

Seperti dilansir Daily Sabah (4/1) maulid dianggap hari yang memiliki nuansa spiritual yang kuat.

Maulid Nabi, yang jatuh pada Jumat (2/1), membuat banyak umat Islam berdatangan ke masjid untuk menegaskan kembali cita-cita Islam dengan membaca sholawat atas Nabi SAW.

Kepala Urusan Agama Turki, Mehmet Gormez, mengatakan masyarakat banyak yang telah merusak nilai-nilai yang ada, dengan hati yang gelap, kesombongan dan keserakahan, maka maulid Nabi Muhammad SAW ini diharap dapat membimbing manusia menjadi beradab.

Gormez mengatakan bahwa manusia harus belajar dari Nabi SAW untuk tetap berada dijalan kebenaran serta memperlakukan semua makhluk hidup dengan belas kasihan.

Acara maulid di Turki diadakan di seluruh masjid yang terletak di tiap provinsi termasuk Ibukota Ankara, Istanbul, Izmir serta provinsi barat dan timur. Selain berdoa dan bersholawat umat Muslim di sana juga shalat dan membaca Alquran di masjid.

Sementata itu di provinsi tenggara dari Sanlıurfa, Suriah perayaan maulid digelar ditenda-tenda yang terletak di distrik Akcakale.

Umat Muslim yang mengungsi membaca Alquran dan berdoa saat peringatan maulid, acara pun dihadiri para pejabat daerah setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement