Sabtu 20 Dec 2014 10:14 WIB

Rambut Rasulullah Ramaikan Maulud Nabi di Rusia

masyarakat Banjar rayakan maulid
Foto: antara
masyarakat Banjar rayakan maulid

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Rambut yang dikabarkan milik Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, akan dibawa ke Moscow, dari selatan Rusia, kota Dagestan. Rambut tersebut akan digunakan untuk meramaikan perayaan Maulid nabi pada 25 Januari nanti.

Maulid nabi dikenal sebagai perayaan lahirnya Rasulullah ke muka bumi ini. Pusaka itu akan dibawa dengan pesawat charteran dari Makhachkala menuju Crocus City Hall untuk perayaan maulid nabi. Pusaka itu didatangkan ke Moscow pertama kalinya. Sebagaimana diberitakan itar-tass.com, kegiatan ini terlaksana berkat upaya kepala departemen muslim spiritual Moscow, Mufti Ildar Alyautdinov.

Maulid nabi Muhammad dirayakan pada setiap 12 Rabiul Awal berdasarkan perhitungan kalender hijriah. Pertama kalinya tradisi ini dirayakan pada 300 tahun setelah Islam dikenal sebagai agama yang dianut. Hal ini tertulis dalam sejumlah manuskrip sejarah.

Perayaan ini diikuti banyak orang. Didalamnya terkandung kegiatan membaca literatur Islam dn ritual sunnah. Tradisi ini dimeriahkan lagi dengan mengundang tamu atau mengunjungi rumah teman dan sanak famili. Kemudian mendengarkan kisah hidup Rasulullah. Muslim kemudian memberikan sedekah kepada fakir miskin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement