Rabu 10 Dec 2014 14:29 WIB

Susuri Goa Pego untuk Pastikan Suplai Air Cukup

Gua Pego
Foto: Wakaf Alquran
Gua Pego

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk memastikan Dusun Karangnongko dan Dusun Temon mendapatkan suplai air yang cukup, pada 8 Nopember 2014, Tim Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) kembali ke sungai bawah tanah di Gua Pego Desa Giri Purwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Kesimpulannya, air yang tersedia sangat berlimpah. Sehingga bila sarana air bersih untuk kedua dusun tersebut sudah terbangun, sama sekali tidak akan mengganggu suplai air untuk tiga dusun lainnya.  yakni Tlogowarak, Jlumbang dan Kacangan.

Perhitungannya adalah penduduk kedua dusun tersebut berjumlah 1200 jiwa. Dan penduduk tiga dusun lainnya 800 jiwa. Dengan asumsi satu jiwa memerlukan sekitar 100 liter perhari maka diperlukan air sebanyak 2.000 liter  (1200 + 800).

Sedangkan debit air 14 liter per detik (bandingkan dengan kemampuan hisap mesin pompa air yang 9,2 liter per detik). Sehingga hanya butuh waktu dua hari saja untuk memenuhi kedung (kubangan) di dasar Gua Pego yang bervolume 1.880.000 liter.

“Jelas air sangat berlimpah, karena kebutuhan air per dua hari hanya 4.000 liter, kalau pun sehari satu jiwa menggunakan air sampai 200 liter, per dua hari hanya 8.000 liter!” ungkap Darminto, penanggung jawab project dari BWA.

Pada 2012, BWA  telah membangun bendungan di dasar Gua Pego untuk menampung aliran sungai bawah tanah yang berada di dasar Gua Pego. Bendungan yang dibangun setinggi 6 meter dengan lebar sekitar 60 cm  dan tebal 50 cm.

Dari bendungan air meluber masuk ke dalam kedung yang berada di sisi sungai bawah tanah tersebut. Kedung ini berdiameter sekitar 20 meter. “Air sungai akan meluber melewati bendungan menuju Pantai Laut Selatan jika air yang ada di dalam kedung ini sudah penuh,” ujar Darminto, penanggung jawab project dari BWA.

Untuk menyalurkan air dari Gua Pego ke Karangnongko dan Temon masih membutuhkan biaya yang cukup besar. Mari terus berpartisipasi untuk menyukseskan wakaf sarana air bersih di dua dusun ini. Setiap tetes air yang digunakan untuk kelangsungan hidup saudara-saudara kita akan diganjar pahala yang besar disisi Allah SWT, bukankah ini yang kita cari di dunia ini?

Ayo sukseskan pembangunan sarana air bersih di Gunung Kidul 2 dengan Wakaf Anda! Kunjungi kasir outlet #Alfamart terdekat untuk Wakaf! Klik >> http://goo.gl/NfWYbB

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement