Ahad 16 Nov 2014 04:01 WIB

Bangun Kekuatan Ekonomi untuk Jaga Harga Diri Pesantren

Rep: C78/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Koperasi pesantren.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Koperasi pesantren. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Para warga pesantren, baik kiayi maupun santrinya harus menjaga izzah alias harga diri, dengan membangun kekuatan ekonomi, yakni dengan berbisnis. Sebab pesantren telah memiliki modal kekuatan karakter ditambah pengetahuan agama yang baik, sehingga berdampak pada keberlangsungan ekonomi yang sehat di masyarakat.

“Jangan sampai pesantren dan lulusannya mengandalkan pemasukannya utamanya dari baca doa atau ngisi ceramah saja,” kata pendiri pesantren wirausaha sekaligus Trainer Personal Development dan Leadership Jami Azzaini kepada ROL, Sabtu (15/11).

Kyai dan santri, lanjut dia, mesti menggali kreativitas yang terpendam dalam dirinya, dan dalam teori keislaman yang mengajarkan tentang bisnis syariah. Agar mandiri, dan tak mengandalkan sumbangan di luar alumni mereka. Selain bisnis, kata dia, pesantren seharusnya mendapat pasokan dana dari para alumninya yang sukses berbisnis.

Dikatakannya. Ajaran Islam telah menegaskan, tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Maka, seharusnya pesantren selain menghasilkan para ahli agama yang saleh juga melahirkan banyak pengusaha syariah.

Terpisah, pengasuh pesantren Al Ittihad Poncol Solotigo Jawa Tengah sekaligus Ketua PP Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Arifin Junaidi menyebut, butuh keterlibatan pemerintah dan pengusaha dalam mendukung pelatihan dan permodalan pesantren dalam mengembangkan ekonominya. 

Sampai saat ini, kata Arifin, pemerintah masih menganggap pesantren “Ada dan Tiada”. Bahkan, pesantren kerap dijadikan alat mendulang dukungan jelang pemilu saja, kemudian setelah pesta demokrasi berakhir, selesailah urusan pemerintah dengan pesantren.

Beruntungnya, kata dia, pesantren sejak masa penjajahan telah terbiasa bertahan dan mandiri dan sifat kemandirian itu diwarisi sampai hari ini. Maka, pada dasarnya, dalam penyelenggaraan keislaman berkualitas, bukan pesantren yang butuh pemerintah, tapi pemerintahlah yang butuh pesantren.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement