Rabu 29 Oct 2014 19:16 WIB

DIY Gelar MTQ Tingkat Pelajar

Rep: Heri Purwata/ Red: Chairul Akhmad
Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.
Foto: Republika/Agung Supriyanto/ca
Salah satu perlombaan MTQ di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, WATES – Sebanyak 310 pelajar dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat DIY.

MTQ yang mempertandingkan 13 cabang lomba digelar di Kabupaten Kulonprogo dan dibuka di Pendopo SMKN 2 Pengasih, Rabu (29/10). Pembukaan dilakukan Sulistyo, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemda DIY mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

Pembukaan ditandai dengan pemukulan dua bedug oleh Sulistyo dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY Kadarmanta Baskara Aji yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo, Sumarsana serta Kakanwil Kemenag DIY, Maskul Haji.

Menurut Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sulistyo, MTQ sebagai bagian dari evaluasi kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam secara berjenjang. MTQ juga merupakan bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya.  

“Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap tindak negatif yang dilakukan oleh generasi muda, sehingga ke depannya bisa menjadi lebih baik,” kata Sultan HB X. 

Sementara Kadarmanta Baskara Aji berharap agar syiar penyelenggaraan MTQ pelajar tingkat DIY ini mampu lebih mempertegas peranan pendidik ranah afeksi sebagai aplikasi pendidikan akhlakul karimah.

Sebab, pendidikan akhlakul karimah diharapkan mampu menciptakan generasi muda penerus bangsa yang Islami. “Karena di era kemajuan teknologi informasi saat ini yang begitu pesat, benteng iman sangat penting sebagai filter beberapa pengaruh negatif dari kemajuan teknologi informasi,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement