Sabtu 25 Oct 2014 13:09 WIB

Umat Islam papua Gelar Pawai 1 Muharram

Pawai sambut 1 Muharram 1434 H (ilustrasi).
Foto: Antara/Ampelsa
Pawai sambut 1 Muharram 1434 H (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Umat Islam di Kota Jayapura, Provinsi Papua, menggelar pawai guna memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah,  Sabtu (25/10).

Pantauan lapangan, pawai itu diikuti sekitar 200 orang pelajar yang menempuh rute sekitar satu kilometer, dari Taman Imbi yang terletak di pusat Kota jayapura, menuju halaman Masjid Raya Baiturrahman.

Peserta pawai sebagian besar menggunakan pakaian olah raga, yang diwarnai aksi drumband dari Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Jayapura, Papua.

Para pelajar peserta pawai mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, baik yang berasal dari sekolah yang dikelola yayasan Islam maupun sekolah negeri. Usai pawai, peserta menggunakan momentum berkumpul itu untuk saling bersilaturahmi, terutama di kalangan orang tua murid.

"Selain berolahraga dalam pawai sekitar satu kilometer ini, kami juga bersilaturahmi sesama penganut agama Islam," ujar Rahmawati, yang mendampingi putrinya sebagai peserta pawai.

Umat Islam di Provinsi Papua berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010, tercatat sebanyak 450.096 jiwa dari total penduduk sebanyak 2.833.381 jiwa atau hanya 15,9 persen. Untuk pemeluk agama Islam di Provinsi Papua, diperkirakan terjadi penambahan hingga mencapai sekitar 500 ribu jiwa, dan sekitar 120 ribu jiwa diantaranya berdomisili di Kota Jayapura.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement