Jumat 24 Oct 2014 16:34 WIB
1 Muharram

TNI-AU dan Pramuka Meriahkan 1 Muharram

Din Syamsuddin
Foto: antara
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 30 penerjun TNI Angkatan Udara (AU), ribuan anggota Pramuka, dan berbagai kelompok himpunan pelajar serta mahasiswa Islam akan meriahkan perayaan 1 Muharram di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Minggu (26/10).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin di Jakarta, Jumat mengatakan berbagai kelompok akan memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam itu, termasuk TNI-AU, pramuka, dan pelajar.

"Akan ada 2.000 anggota Pramuka yang akan mendeklarasikan Gerakan Nasional Anti-Narkoba dalam acara itu," kata Din.

Anggota Pramuka tersebut akan mendeklarasikan gerakan antinarkoba tersebut bersama seluruh organisasi atau himpunan pelajar dan mahasiswa Islam yang ada di Indonesia.

Sementara pasukan TNI-AU, lanjut Din, akan mempertontonkan aksi terjun payung dengan membawa spanduk. "Tiga puluh penerjun dari TNI-AU akan terjun sambil membentangkan banner," kata dia.

Selain itu, Din mengatakan acara perayaan akan dihibur oleh berbagai pertunjukan kultural bernuansa Islam. "Akan ada berbagai macam atraksi seni budaya bernuansa Islam," ujarnya.

Acara perayaan akan dibuka dengan penampilan hiburan bernuansa Islami, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum MUI, dan akan ada tausyiah berisi pesan-pesan Muharram yang akan disampaikan oleh delapan ketua umum ormas Islam. Ormas Islam tersebut antara lain PBNU, PB Al Wasliyah, PB Al Irsyad, PB Persis, Tarbiyah Islamiyah, Badan Kontak Majelis Taklim, dan PP Muhammadiyah.

Selain itu juga akan ada grup musik dan penyanyi Indonesia yang akan membawakan lagu-lagu Islami serta lagu-lagu di film Indonesia yang bernuansa Islam. Grup musik D'Masiv, Wali dan penyayi Iis Dahlia serta Cynthia Lamusu akan turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam.

Sementara kehadiran Presiden Joko Widodo masih bersifat tentatif mengingat agenda presiden dalam mempersiapkan kabinet. "Secara langsung Presiden Jokowi mengatakan kepada saya sangat ingin sekali datang, tapi baru saja tadi Sekneg (Sekertaris Negara) menginfokan masih belum bisa memastikan," kata Ketua Umum MUI yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement