Sabtu 04 Oct 2014 23:40 WIB

Muslim dan Yahudi Peringati Hari Raya Berdekatan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Muslim dan Yahudi Santuni warga miskin
Foto: onislam.net
Muslim dan Yahudi Santuni warga miskin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Tahun ini, Muslim dan Yahudi di seluruh dunia merayakan hari raya yang berdekatan. Umat Islam merayakan Idul Adha pada 4-5 Oktober 2014, sedangkan Yahudi merayakan Kaparot pada 3 Oktober dilanjutkan Yom Kippur pada 4 Oktober.

Secara kebetulan kalender Islam dan Ibrani menetapkan waktu yang berdekatan satu sama lain. Ritual Kaparot pada Yahudi dilakukan sehari sebelum Yom Kippur. Ini merupakan ritual transfer dosa, dimana seorang pria Yahudi mengayunkan ayam di atas kepala orang-orang Yahudi lainnya sembari membaca ayat-ayat Taurat sebelum menyembelih ayam.

Mereka percaya ritual inii akan membebaskan mereka dari dosa yang ditransfer ke ayam yang dipotong tersebut. Yom Kippur atau Hari Penebusan akan berlangsung sehari kemudian.

Bagi umat Muslim, Idul Adha dilakukan dengan menyembelih kambing, domba, sapi, kerbau, atau unta. Ini memperingati kisah Nabi Ibrahim yang ikhlas menyembelih anaknya, Ismail demi menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya pada Allah. Allah pun kemudian mengganti Ismail dengan seekor domba. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement