Rabu 01 Oct 2014 05:00 WIB

DMI: Pertumbuhan Masjid Kalah dari Gereja

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: A.Syalaby Ichsan
Masjid Taman Surga yang Dibangun Yayasan Masjid Nusantara di Kuningan, Jawa Barat
Foto: Dok. YMN
Masjid Taman Surga yang Dibangun Yayasan Masjid Nusantara di Kuningan, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) melansir, pertumbuhan masjid di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir kalah ketimbang gereja.

Juru bicara DMI Herry Sucipto mengungkapkan,pertumbuhan jumlah masjid di Indonesia berkisar 65-70 persen. Angka tersebut masih jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan pertumbuhan gereja yang mencapai 130 persen dalam rentang waktu yang sama.

Menurut Herry, tingginya pertumbuhan jumlah gereja di bandingkan masjid dikarenakan banyaknya kelas menengah di kalangan umat Kristiani yang menjadi donatur bagi pembangunan tempat ibadah mereka. “Sementara, jumlah kelas menengah Muslim kita tidak begitu banyak jumlahnnya,” imbuhnya.

Meskipun begitu, kata Herry lagi, spirit umat Muslim untuk memanfaatkan masjid sebagai sarana ibadah dan interaksi sosial sangatlah besar. Salah satunya bisa kita lihat dari proses pendistribusian zakat dan daging kurban di negeri ini yang kebanyakan masih bergantung kepada masjid.

DMI saat ini tengah membentuk sebuah tim survei untuk melakukan pendataan jumlah masjid di Indonesia. Ke depan, tim tersebut diharapkan dapat menggali perkembangan dan kondisi faktual masjid-masjid yang terdapat di Tanah Air. Survei pun ditargetkan selesai sebelum akhir tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement