Ahad 17 Aug 2014 18:00 WIB

Kasus Perceraian di Indramayu Tertinggi se-Indonesia (1)

Rep: lilis/ Red: Damanhuri Zuhri
Perceraian/ilustrasi
Foto: familylawyerblog.org
Perceraian/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Tingkat perceraian di Kabupaten Indramayu, tinggi. Faktor rendahnya perekonomian dan pendidikan menjadi salah satu penyebab tingginya perkara tersebut.

Kepala Pengadilan Agama Indramayu, Anis Fuadz menyebutkan, berdasarkan ajuan perkara yang masuk ke Pengadilan Agama Indramayu, terdapat 9.300 perkara selama 2013.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 90 persen merupakan perkara tuntutan perceraian. ''(Angka) ini paling tinggi di Indonesia,'' ujar Anis, Ahad (17/8).

Anis menilai, tingginya kasus perceraian di Kabupaten Indramayu di antaranya disebabkan faktor ekonomi dan pendidikan. Ditambah lagi, banyaknya suami dan istri yang bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

Menurut Anis, adanya faktor ekonomi yang menjadi penyebab perceraian terlihat dari alasan perceraian bahwa suami tidak bertanggungjawab atas persoalan nafkah. Bahkan, alasan tersebut menjadi alasan yang paling banyak diajukan dalam perkara cerai.

''Dari total ajuan perkara cerai, 60 persen di antaranya beralasan suami tidak bertanggungjawab (dalam soal nafkah),'' tutur Anis.

Anis menambahkan, dari seluruh pasangan suami istri yang mengajukan perceraian, 80 persen di antaranya berlatar belakang pendidikan sekolah dasar (SD). Dia menilai, rendahnya tingkat pendidikan juga memengaruhi tingginya tingkat perceraian.

''Banyaknya warga yang bekerja sebagai TKI juga bisa menimbulkan konflik dalam rumah tangga hingga berujung pada perceraian,'' terang Anis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement