Ahad 17 Aug 2014 00:56 WIB

Muslim Kanada Peringati Setengah Abad Berdirinya Masjid Pertama di Ontario

Rep: c78/ Red: M Akbar
Dr Munir El-Kassem
Foto: www.cbc.ca
Dr Munir El-Kassem

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pekan ini untuk kali kedua muslim Kanada akan memperingati 50 tahun berdirinya masjid pertama di daerah Ontario. Setelah setengah abad berdiri masjid ini telah menjadi pusat kegiatan masyarakat dan tempat ibadah bagi umat Islam di negara tersebut.

Kepada stasiun Radio AM980, imam masjid Dr Munir El-Kassem menjelaskan masjid ini digunakan sebagai tempat bersantai dan meneliti. ''Masjid juga menjadi tempat membentuk komunitas dan bertemu teman baru,'' katanya, Jumat (15/8).

Diceritakan El-Kassem, masjid yang bernama Masjid London tersebut didirikan di Ontario pada 50 tahun yang lalu di Oxford Street. Pembangunan dimulai setelah 12 keluarga imigran asal Libanon yang menetap di sana lantas menginginkan tempat ibadah.

Mereka pun membeli sebuah rumah di Oxford Street. Rumah tersebut dihancurkan untuk kembali dibangun Masjid baru. Pada saat peresmiannya, Masjid tersebut adalah yang satu-satunya di seluruh Ontario dan yang kedua di Kanada. Segera setelah pembangunan selesai pada 1964, Masjid London mulai menarik Muslim dari seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement